Daily Baby Month-9 Day-24

Sebenarnya, Apa yang Dimaksud dengan Stunting?

Stunting (perawakan pendek) adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak yang disebabkan oleh kekurangan nutrisi. Definisi untuk perawakan pendek seorang anak adalah tinggi atau panjang badan sesuai usianya lebih rendah paling tidak dua deviasi standar di bawah rata-rata Kurva Pertumbuhan WHO.

Menurut data WHO, sebanyak 21,3 persen anak di dunia mengalami stunting pada 2019. Di Indonesia, menurut hasil RISKESDAS 2013, balita Indonesia yang mengalami stunting mencapai 37,2 persen.

Menurut WHO, stunting menjadi masalah kesehatan masyarakat di sebuah negara saat angka penderitanya di atas 20 persen. Karena itu, stunting merupakan salah satu masalah kesehatan yang serius di Indonesia.

Masa kritis terjadinya stunting adalah 1000 hari pertama kehidupan anak, mulai dari saat konsepsi sampai usia dua tahun. Efek dari stunting berlangsung seumur hidup, di antaranya adalah kemampuan berpikir dan belajar yang buruk sehingga kualitas pendidikan menjadi rendah, produktivitas yang rendah, dan berkorelasi dengan sulitnya mendapat pekerjaan saat dewasa.

Saat ia dewasa, anak yang mengalami stunting juga cenderung punya berat badan berlebih dan penyakit kronis yang berhubungan dengan kurangnya nutrisi.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *