Bagaimana Menghitung Tendangan Janin di Perut

Senangnya saat bisa merasakan tendangan si Kecil di dalam perut! Ini adalah salah satu cara termudah untuk memantau apakah si Kecil baik-baik saja di sana. Tendangan janin biasanya mulai dapat dirasakan Bunda mulai dari usia kehamilan 16-25 minggu. 

Awalnya tendangan akan terasa sangat ringan—mirip dengan gerakan gelembung di dalam perut—lalu menjadi lebih keras dan membuat perut bergetar di trimester akhir kehamilan! Wah, seru ya, Bun? 

Berapa kali ya, si Kecil menendang di dalam perut? Ini ada cara mudah untuk Bunda menghitungnya. 

Pentingnya Tendangan Janin

menghitung tendangan bayi
Foto: freepik.com

Di antara jadwal Bunda memeriksakan diri ke dokter, Bunda pun perlu memantau perkembangan si Kecil di setiap harinya—terutama bila ini adalah kehamilan Anda yang pertama. 

Melalui pemantauan dari tendangan janin, Bunda akan dapat melihat pola-pola kebiasaan yang dilakukan si Kecil. Selain itu, bisa segera mengambil tindakan bila terjadi hal yang tidak biasa, misalnya tiba-tiba bergerak makin sering atau malah berhenti sama sekali. 

Semua ini diperlukan untuk menjaga kondisi si Kecil tetap aman dan sebagai salah satu cara Bunda menjalin ikatan batin dengannya. 

Apa Saja yang Perlu Dicatat?

menghitung tendangan janin
Foto: freepik.com

Pada awal-awal Bunda bisa merasakan tendangan janin, biasanya gerakan ini terjadi secara acak. Meski demikian, sekecil apa pun gerakan yang dilakukannya tetap merupakan awal yang baik. 

Gerakan ini lama kelamaan akan semakin sering, semakin keras, dan mulai dapat diprediksi waktunya; misalnya lebih sering di pagi hari, sore, ataupun malam. 

Saat Bunda memasuki setidaknya di usia kehamilan 28 minggu di mana polanya mulai makin jelas, mulailah mencatat tendangan yang si Kecil lakukan. 

Agar catatan Bunda rapi dan lengkap, cobalah untuk mencatatnya di dalam buku catatan kehamilan yang biasanya diberikan oleh klinik atau rumah sakit. Atau Bunda juga bisa membuat buku harian sendiri. Gunanya adalah pada saat jadwal pemeriksaan rutin, Bunda tidak terlupa untuk melaporkannya kepada dokter atau bidan. 

Yang perlu dicatat adalah jangka waktu yang diperlukan si Kecil untuk melakukan 10 gerakan. Tidak saja menendang, tetapi juga gerakan memutar, meregang, cegukan, dan sebagainya). 

Pada periode awal, sebagian besar Bunda mencatat ada 10 gerakan dalam 12 jam, kemudian akan semakin sering pada minggu-minggu berikutnya. 

Agar pencatatan Anda akurat, cobalah untuk melakukan pencatatan setiap hari di waktu yang sama. Si Kecil pada trimester akhir biasanya tendangan janin akan makin aktif setelah Bunda makan atau pada malam hari.

Tips untuk Membuat Si Kecil Bergerak 

Foto: freepik.com
  • Minum minuman dingin, misalnya jus buah atau susu. Minuman yang manis dan dingin bisa memancing si Kecil untuk bergerak di dalam perut.
  • Bersuara keras. Pada periode ini, indra pendengaran si Kecil sudah mulai terbentuk. Ia bisa merespons terhadap suara yang keras, musik, merespons suara Bunda, juga bereaksi terhadap suara yang mengagetkan. 
  • Minum sedikit kopi. Selama dilakukan dalam batas wajar, minuman kopi tidak dilarang kok, Bun. The American College of Obstetrician & Gynaecologists merekomendasikan maksimal 200 mg kafein per hari. Perhatikan gerakan yang dilakukan si Kecil setelah Bunda meminum kopi.
  • Bila agak sulit membuat si Kecil bergerak, cobalah untuk berbaring ke kiri atau ke kanan. 
  • Beri tekanan lembut pada bagian tertentu dari perut untuk melihat respons yang dilakukannya.
  • Makan makanan pedas. Meski belum terbukti secara ilmiah, namun makanan pedas menurut beberapa pengakuan Bunda yang sedang hamil bisa menimbulkan reaksi pada si Kecil.

Pada trimester ketiga, tendangan janin biasanya sudah lebih terpola. Namun Bunda juga perlu ingat bahwa di trimester ketiga ini si Kecil juga sudah semakin besar, sehingga ruang yang tersedia di dalam perut makin terbatas. 

Bila si Kecil tidak melakukan gerakan pada jam-jam tertentu, jangan segera panik, si Kecil bisa saja sedang tidur. Namun segera lakukan pencatatan setiap kali dia melakukan gerakan. 

Selamat berhitung, Bunda!

Sumber:

Healthline. 2020. Getting Your Baby to Move at Different Stages of Pregnancy.

American Pregnancy. 2017. Counting Baby Kicks. 

The Bump. 2017. How to Do Kick Counts.

What to Expect. 2019. 9 Things to Know About Your Baby’s Kicks in Utero.

By dr. Linda Lestari, Sp.OG

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *