Daily Baby Month-1 Day-13

Berapa Kali Bayi Baru Lahir BAK dan BAB dalam Sehari?

Frekuensi Buang Air Kecil (BAK) dan Buang Air Besar (BAB) bayi yang baru lahir terkait erat dengan kondisi kesehatannya. Feses bayi baru lahir atau mekonium akan berwarna hitam dan sangat lengket.

Dalam tiga hari, warna feses bayi akan berubah menjadi lebih terang, seperti warna cokelat terang, kuning hijau, dan kuning berbiji pada usia 5 hari.

Seiring dengan semakin kuatnya sistem pencernaan, bayi yang mengonsumsi ASI, akan BAB sebanyak satu sampai dua kali dalam seminggu. Sedangkan bayi yang mengonsumsi susu formula, BAB sekali sehari.

Bunda perlu waspada saat warna feses bayi berwarna marun, putih, abu, atau saat feses bayi mengandung banyak darah, lendir atau air.

Bayi akan BAK selama empat sampai enam kali sehari atau tiga jam sekali dalam sehari. Pada bayi yang sehat, urine akan berwarna kuning gelap. Semakin gelap warna urine, mengindikasikan pekatnya konsentrat urine yang artinya juga menandakan bahwa bayi kekurangan cairan. Perbanyak frekuensi menyusui, bila si kecil ada indikasi dehidrasi.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *