Daily Baby Month-10 Day-19

Apa Bedanya Vaksin Campak, MR dan MMR?

Pemberian vaksin Campak, MR (measles rubella), dan MMR (measles mumps rubella) memang dapat membingungkan para orang tua. Berikut penjelasan singkat tentang ketiga vaksin tersebut. Untuk lebih jelasnya, Bunda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter anak.

Vaksin campak

Merupakan vaksin yang digunakan untuk mencegah penyakit campak. Infeksi ini dapat menyebabkan komplikasi serius berupa diare, radang paru-paru, radang otak, kebutaan, nutrisi buruk, bahkan kematian.

Vaksin ini diberikan saat bayi berusia sembilan bulan.

Vaksin MR

Selain untuk mencegah penyakit campak (measles), vaksin ini juga digunakan untuk mencegah infeksi virus rubella. Penyakit rubella tergolong ringan untuk anak namun bisa berakibat fatal jika menginfeksi ibu hamil.

Imunisasi primer MR diberikan pada usia sembilan bulan. Vaksin MR aman diberikan kepada anak yang telah diimunisasi campak.

Vaksin MMR

Vaksin untuk mencegah penyakit campak, rubella, dan gondongan (mumps). Jika bayi belum imunisasi campak dan MR, maka imunisasi MMR dapat dilakukan pada usia 12 bulan.

Namun jika sudah, maka diberikan dengan interval enam bulan, yaitu pada usia 15-18 bulan. Imunisasi MMR aman diberikan kepada anak yang sudah imunisasi campak dan MR, begitu pula sebaliknya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *