Daily Baby Month-10 Day-20

Bayi Mulai Merangkak, Kenali Gaya Bergerak Si Kecil

Sejak usia lima bulan, bayi sudah mulai menunjukkan keinginannya untuk bergerak dengan berguling. Setelah itu, bayi akan mulai melatih motoriknya untuk belajar merangkak dan akhirnya bisa merangkak pada usia sekitar sembilan bulan.

Biasanya bayi merangkak dengan bertumpu di kedua tangan dan lututnya yang digerakkan berseberangan (tangan kanan dengan lutut kiri, dan sebaliknya). Merangkak memang menjadi salah satu tonggak perkembangan bayi, namun ada bayi yang memilih untuk tidak merangkak saat ingin bergerak.

Mereka memilih untuk bergerak dengan meluncur sambil duduk (ngesot), merayap menggunakan perut, bahkan ada yang memilih untuk terus berguling untuk berpindah tempat.

Bunda tidak perlu khawatir, yang penting bayi melakukannya untuk belajar mengatur pola gerak menggunakan berbagai sisi tubuhnya serta menggunakan kedua tangan dan kakinya dengan seimbang. Hal ini ia lakukan untuk belajar berjalan. Namun jika Bunda ragu dengan cara bayi bergerak, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter anak.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *