Daily Baby Month-11 Day-14

Membuat Menu Makanan Anak Menjadi Menarik

Saat bayi sudah lebih besar atau memasuki usia balita, ada masanya ia melakukan GTM (gerakan tutup mulut) atau pilih-pilih saat makan. Ini bisa terjadi karena ia bosan, lebih tertarik bermain daripada makan, atau memang sedang tidak lapar.

Agar si Kecil tidak bosan dengan makanan yang ia makan sehari-hari, Bunda dapat mengubah menu makanan jadi lebih menarik.

Cobalah trik-trik berikut:

  • Berikan pilihan kepada bayi. Misalnya, saat ngemil, Bunda bisa berikan 2-3 jenis buah-buahan di hadapannya. Biarkan ia memilih buah yang ingin ia makan. Bisa jadi, ia malah akan memakan semuanya, namun diberi kebebasan memilih membuat acara makan jadi menarik bagi bayi.
  • Tak perlu terpaku dengan jenis makanan yang biasa disajikan pada waktu makan tertentu. Roti dan bubur kacang hijau, misalnya, tak harus disajikan waktu sarapan saja. Demikian juga sup sayuran, bisa Bunda sajikan sebagai camilan. Variasi menu makanan dan waktu pemberiannya akan mengurangi potensi anak bosan makan.
  • Bunda dapat menggunakan alat makan yang menarik seperti piring berbentuk binatang yang memiliki warna yang menarik, atau sendok dan garpu khusus anak.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *