Daily Baby Month-11 Day-18

Anak Suka Mengemut dan Melepeh Makanan, Bagaimana Solusinya?

Mungkin Bunda merasa kesal saat si Kecil mengemut atau melepeh makanannya saat sedang makan. Sabar ya, Bunda, ia tidak melakukannya untuk mengetes kesabaran, kok.

Berikut ini beberapa penyebab bayi dan balita kadang mengemut dan melepeh makanan yang ia makan, beserta solusinya:

  • Ia belum lapar. Bisa jadi karena porsi makan sebelumnya terlalu besar. Lebih baik hentikan kegiatan makan terutama jika waktu makan telah lebih dari 30 menit dan jangan paksakan anak untuk makan jika ia belum lapar.
  • Ukuran terlalu besar. Bayi memiliki refleks melepeh makanan jika ukuran terlalu besar untuk mencegah ia tersedak. Ukuran makanan atau suapan yang besar juga membuatnya lama mengunyah makanan sehingga terkesan seperti mengemut. Solusinya, berikan makanan dalam potongan kecil dan suapi sedikit-sedikit saja.
  • Ia belum mengenali makanan. Bisa jadi Bunda memberikannya makanan baru yang membuat si Kecil tidak yakin apakah ia ingin memakannya atau tidak, sehingga yang ia lakukan adalah melepeh atau mengemut makanan tersebut. Bunda bisa memberikan makanan baru bersama makanan yang ia sukai agar anak lebih bisa menerima makanan tersebut.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *