Daily Baby Month-2 Day-17

Kapan Waktu Menjemur Bayi yang Tepat?

Menjemur bayi di pagi hari memberikan asupan vitamin D yang optimal. Waktu berjemur yang paling baik bagi bayi adalah sebelum jam 10 hingga jam 16, karena sinar ultraviolet (UV B) tertinggi pada jam tersebut, sedangkan sinar UV B dibutuhkan hanya dalam dosis kecil untuk memproduksi vitamin D.

Jemur bayi tidak lebih dari 30 menit dan gunakan tabir surya (SPF 15), 15-20 menit sebelum paparan. Saat berjemur, hindari juga kontaminasi debu yang berlebih, dan lindungi mata bayi dari sinar matahari langsung. Bunda bisa menutup mata bayi dengan kain atau posisikan kepala bayi membelakangi posisi matahari.

Setelah selesai berjemur, baik untuk segera memberikan minum agar tidak terjadi dehidrasi. Dan tunggu beberapa waktu sebelum Bunda memandikan si Kecil.

Kebiasaan menjemur bayi tidak dipungkiri membuat badan bayi lebih sehat. Berjemur dapat mengurangi air liur, menghindari dari penyakit kuning, dan membentuk vitamin D dari dalam tubuh agar terhindar dari kelainan tulang.

Namun, kebaikan berjemur sebaiknya dibarengi dengan tindakan preventif lainnya, karena kontak langsung sinar UV matahari yang berlebihan pada kulit bayi dapat menyebabkan risiko kanker kulit di masa yang akan datang. Keluarga dengan riwayat kanker kulit, kulit sensitif, atau kulit dengan bintik hitam sebaiknya lebih berhati-hati.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *