Daily Baby Month-2 Day-22

Kapan Bayi Pertama Kali Melihat & Mendengar?

Pembentukan organ penglihatan dimulai sejak minggu-minggu awal kehamilan. Namun saat bayi lahir dan membuka matanya, ia masih belum bisa melihat dengan benar—yang dilihat hanya bentuk gelap terang yang samar.

Bayi masih belum dapat mengoordinasikan gerakan mata sampai pada beberapa bulan ke depan dan hanya bisa fokus pada jarak yang dekat, sekitar 25-30 cm.

Di minggu-minggu awal, bayi baru dapat mengikuti atau mengenali objek. Hal ini terjadi sampai beberapa bulan ke depan. Bayi baru dapat mengenali warna pada usia 2-3 bulan, dan warna yang pertama dikenali adalah warna merah.

Sejak bayi usia 18 minggu di kandungan, pendengaran bayi telah terbentuk, ia merespons suara dengan tendangan yang dirasakan Bunda di perut. Pendengaran ini semakin berkembang saat mereka dilahirkan, mereka akan mendengarkan apa yang keluar dari mulut kedua orang tuanya.

Hal ini terlihat saat bayi menghentikan kegiatannya saat mulai ada percakapan. Bayi lebih menyukai suara dengan nada tinggi (suara ibu) dibandingkan suara rendah (suara ayah).

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *