Daily Baby Month-3 Day-10

Memilih Gendongan yang Dapat Menjaga Postur Tubuh Bayi

Seperti apa gendongan yang baik untuk bayi? Ring sling adalah gendongan yang cocok untuk bayi baru lahir hingga berat maksimal 18 kilogram. Baby wrap baik digunakan untuk bayi berusia di bawah 1 tahun atau jika berat tubuhnya tidak terlalu berat.

Pouch sling berbentuk kantong kain dan sederhana berupa selembar kain yang kedua ujungnya dijahit. Stretchy wrap terbuat dari kain yang bisa melar sehingga mudah digunakan untuk menggendong bayi baru lahir atau bayi yang masih kecil. Meski begitu, gendongan ini tetap kokoh dan aman digunakan.

Posisi bayi pada saat digendong juga perlu diperhatikan. Pastikan gendongan mendukung posisi kedua paha bayi terbuka, gendongan menopang paha, panggul membengkok dengan posisi dengkul sedikit lebih tinggi dibanding pantat bayi. Posisi ini disebut posisi joki atau posisi M (tampak belakang), atau posisi C atau J (tampak samping).

Membiarkan kaki bayi lurus ke bawah saat digendong membuat bayi berisiko mengalami displasia panggul. Selalu pastikan Bunda dapat melihat posisi bayi di gendongan, jangan sampai gendongan menutupinya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *