Daily Baby Month-3 Day-9

Merasa Gagal Menjadi Ibu, Ciri Postpartum Depression?

Bingung kenapa Bunda merasa sedih dan terganggu dengan kelahiran si kecil? Tidak perlu khawatir, Bunda.

Banyak Bunda mengalami postpartum depression, yaitu kondisi depresi yang biasanya dialami pasca proses kelahiran, dan tergolong mengganggu kegiatan ibu dalam merawat si Kecil. Menurut Office on Women’s Health, postpartum depression menyerang 1 dari 9 ibu baru.

Kondisi mental ini biasanya berlangsung selama dua minggu dan terjadi dalam jangka satu bulan atau satu tahun sejak melahirkan. Postpartum psychosis adalah kondisi mental yang lebih ekstrim dan lebih panjang durasinya. Gejalanya berupa halusinasi, khayalan, dan kebingungan.

Sedang baby blues adalah gejala yang paling ringan, dan dialami hanya beberapa hari sampai tidak lebih dari dua minggu. Gejalanya seperti mood yang berubah, kelelahan, kesedihan, kewalahan, dan menangis.

Bila postpartum depression sudah berlangsung lebih dari 2 minggu, terlebih bila sudah mengarah pada keinginan bunuh diri dan mencelakakan si Kecil, disarankan Bunda menemui dokter yang dipercaya.

Bunda perlu memahami bahwa gejala ini dialami oleh banyak ibu dan dapat disembuhkan. Yang terpenting adalah Bunda tidak perlu malu mengakuinya agar segera dapat ditangani oleh ahli.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *