Daily Baby Month-3 Day-12

Pentingnya Mencatat Perkembangan Berat Badan Bayi Setiap Bulan

Tumbuh kembang bayi dapat menjadi tolak ukur akan kondisi kesehatan bayi. Oleh karena itu, sangat penting bagi Bunda untuk mencatat tinggi badan (TB/PB), berat badan (BB), dan lingkar kepala (LK) sebagai tolak ukur pertumbuhan bayi.

Bila si Kecil tidak memenuhi ukuran normal bayi biasanya, bisa jadi bayi mengalami gangguan kesehatan.

Panjang bayi yang baru lahir sekitar 45,4-53,7 cm. Bobot tubuh bayi laki-laki tergolong normal saat berada di rentang 2,5 kilogram (kg) sampai 3,9 kg. Sementara untuk bayi perempuan, berat badan baru lahir yang normal seharusnya 2,4-3,7 kg.

Berdasarkan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), ukuran pertumbuhan lingkaran kepala normal pada bayi sejak lahir sampai berusia 2 tahun atau 24 bulan yakni 35-49 cm.

Frekuensi pengukuran besaran bayi yang disarankan adalah setiap bulan sampai usia satu tahun, setiap 3 bulan sampai usia 3 tahun, setiap 6 bulan sampai usia 6 tahun, dan 1 tahun sekali pada tahun berikutnya.

Selain mencatat angka pertumbuhan, Bunda dapat menjaga tumbuh kembang bayi dengan selalu menjaga asupan makanan, dan menilai kenaikan BB, PB dan LK sesuai dengan kurva pertumbuhan setiap bulannya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *