Daily Baby Month-7 Day-9

Makan Cokelat untuk Meningkatkan Mood Busui, Amankah untuk Bayi?

Saat sedang menyusui, Bunda membutuhkan tambahan 500 kalori/hari oleh karena itu menerapkan pola makan sehat merupakan sebuah keharusan.

Selain itu, sebagian dari yang Bunda konsumsi dapat masuk ke dalam ASI, sehingga sangat penting bagi busui untuk memerhatikan makanan dan minuman yang dilarang atau dibatasi konsumsinya, di antaranya adalah ikan yang rentan tercemar merkuri, kafein, alkohol, ataupun beberapa jenis suplemen herbal.

Menjawab pertanyaan apakah busui boleh mengonsumsi cokelat untuk meningkatkan mood, boleh saja asalkan dalam porsi kecil. Cokelat mengandung kafein dan teobromin yang harus dibatasi konsumsinya oleh ibu menyusui karena dapat tersalurkan ke bayi lewat ASI.

Busui yang mengonsumsi kafein secara berlebihan dapat membuat bayi menjadi mudah gelisah, rewel, dan mengalami gangguan tidur. Batasan aman untuk kafein untuk busui adalah kurang dari 300 mg kafein per hari.

Namun perlu diingat, bukan hanya cokelat yang mengandung kafein. Kopi, teh, minuman berenergi, soft drinks, juga memiliki kandungan kafein di dalamnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *