Daily Baby Month-3 Day-2

Manfaat Pacifier (Empeng) untuk Bayi

Kebiasaan mengisap empeng (pacifier) dot terkait dengan kenyamanan yang dirasakan bayi. Tidak hanya empeng/dot, bayi juga mengisap jempol atau jari bahkan saat masih dalam kandungan.

Empeng menjadi alat pengalihan saat bayi disuntik atau saat ambil darah, juga membantu bayi cepat tidur. Saat Bunda bepergian dengan si kecil, empeng/dot membantu mengatasi tekanan udara di pesawat yang biasa dilakukan dengan menguap.

Namun di sisi lain, empeng membuat bayi ketergantungan. Ia akan dengan mudah menangis bila alat yang membuatnya nyaman tidak bersamanya. Dot dikatakan juga dapat menyebabkan infeksi telinga. Penggunaan dot yang berkepanjangan akan menyebabkan kerusakan gigi.

Bayi disarankan menggunakan dot mulai usia tiga sampai empat minggu, agar tidak mengganggu kegiatan menyusui. Bunda juga sebaiknya tidak langsung memberikan dot/empeng setiap kali bayi menangis.

Beri susu atau ganti posisi tidur bayi untuk menenangkan bayi, sebelum memberikan empeng sebagai opsi terakhir. Dan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan empeng/dot.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *