Daily Baby Month-3 Day-7

Perawatan Bayi Prematur di Rumah

Saat dokter yakin bayi prematur siap untuk dibawa ke rumah, banyak hal yang perlu disiapkan Bunda dan keluarga di rumah. Persiapkan perlengkapan yang dibutuhkan, jangan sampai saat bayi sampai rumah, Bunda masih disibukkan untuk mengatur posisi furnitur. Siapkan ASI atau makanan yang diperlukan bayi.

Bila bayi masih membutuhkan alat bantu, pastikan Bunda tahu apa yang dilakukan dengan alat tersebut. Bunda bisa meminta kontak petugas medis yang dapat dikontak sewaktu-waktu memerlukan bantuan.

Metode kangguru adalah metode yang meletakkan bayi di dada, kulit Bunda dan bayi bersentuhan, dan bayi dapat merasakan detak jantung ibu. Kontak fisik antara Bunda dan bayi dikatakan dapat memperkuat jalinan ibu dan bayi, mengurangi stres dan tangisan bayi.

Cari tahu mengenai posisi tidur terbaik bagi bayi yang masih dalam perawatan. Bunda juga sudah dapat berteman dengan sesama biu dengan bayi prematur untuk saling memberikan info atau dukungan.

Beri pengertian pada keluarga bahwa bayi prematur sangat rentan, oleh karena itu perlu bersabar untuk boleh menggendong atau mendekati bayi. Keluarga yang sakit disarankan tidak memegang atau mendekati bayi prematur.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *