Daily Baby Month-3 Day-22

Mengapa Perut Bayi Buncit?

Perut bayi buncit, normalkah? Bunda tidak perlu khawatir bila perut bayi terlihat besar. Perut bayi terlihat besar karena otot perut dinding bayi masih tipis dan bayi masih menggunakan otot perut saat bernapas.

Karena masih kecil, bayi juga belum bisa membuang gas yang masuk dalam tubuh. Ia perlu dibantu untuk bersendawa untuk mengeluarkan gas.

Perut bayi yang besar bisa disebabkan karena terlalu banyak menelan udara, masalah pencernaan, fungsi saluran cerna yang belum sempurna, ataupun ketika bayi menangis berlebihan. Namun bila Bunda menemukan perut bayi tidak sekedar besar, melainkan juga bengkak dan keras, tidak BAB dalam waktu tiga hari, bayi perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Beberapa hal yang perlu Bunda waspadai terhadap bayi dengan perut besar adalah pembesaran organ biasanya ditandai dengan wajah pucat, mual, atau lemas.

Infeksi saluran cerna terjadi karena makanan dan minuman yang masuk ke tubuh tidak bersih. Busung lapar adalah penyakit yang disebabkan karena kekurangan gizi. Penyakit Gaucher juga bisa menyebabkan perut membesar karena penumpukan lemak pada organ tertentu biasanya limpa atau hati.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *