Daily Baby Month-7 Day-16

Apakah Bayi Prematur Butuh Menu MPASI Khusus?

Bayi prematur merupakan kelompok bayi risiko tinggi sehingga sudah mendapat perlakuan khusus sejak baru lahir. Pemberian ASI tetap adalah tetap yang terbaik bagi bayi prematur.

Setelah itu pemberian MPASI untuk bayi prematur juga berpotensi berbeda dibanding bayi yang lahir normal. Jika bayi normal disarankan diberikan MPASI pada usia enam bulan, maka bayi prematur bisa memulainya lebih awal jika didapatkan berat badan tidak naik dengan adekuat.

Rekomendasi usia untuk pemberian MPASI pada bayi prematur adalah 5-7 bulan usia kronologis atau empat bulan usia koreksi karena sistem pencernaannya telah siap.

Namun waktu pemberian MPASI harus selalu memperhatikan kesiapan bayi secara fisik dan psikologis yaitu, dapat duduk dengan stabil, kepala sudah tegak, refleks menjulur sudah menghilang, dan bayi menunjukkan ketertarikan pada makanan.

Pilihlah bahan makanan yang mengandung nutrisi lengkap dan seimbang, terutama makanan yang kaya zat besi karena dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah. Zat besi juga sangat penting untuk pertumbuhan, perkembangan sistem imun, dan perkembangan otak.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *