Daily Baby Month-7 Day-28

Bayi Masih Ngeces Pertanda Apa?

Ngeces, atau keluarnya cairan ludah dari mulut tanpa sengaja, umum terjadi karena bayi belum dapat menelan dengan baik sampai usia 18-24 bulan. Kondisi ini akan berlangsung dengan intens pada usia 6 bulan saat produksi cairan ludah sudah memenuhi kapasitasnya.

Penyebab lain ngeces adalah produksi ludah yang meningkat saat bayi mulai tumbuh gigi karena ludah dapat menenangkan gusi yang sakit dan meradang. Penyebab lain yang umum terjadi adalah adanya sariawan di dalam rongga mulut.

Hal yang baik untuk diketahui namun jarang terjadi adalah ‘ngeces‘ dapat merupakan pertanda dari adanya kelainan sistem syaraf pusat dan otot (di antaranya cerebral palsy), keterbelakangan mental, infeksi di mulut dan tenggorokan, dan penyakit asam lambung.

Karena itu, Bunda harus waspada saat air liur bayi keluar dalam volume berlebihan dalam waktu lama dan ia menunjukkan gejala kesakitan, misalnya demam, kesulitan menelan, atau bernapas lewat mulut. Sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter anak untuk mencari penyebabnya serta tatalaksana selanjutnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *