Daily Baby Month-7 Day-8

Mengapa Tempat Penyuntikkan Vaksin Berbeda-beda?

Saat melakukan imunisasi vaksin untuk bayi dan anak balita, mungkin Bunda heran mengapa tempat penyuntikannya berbeda-beda. Hal ini sengaja dilakukan karena tempat penyuntikan vaksin akan menentukan efektivitas dari vaksin tersebut.

Pada prinsipnya vaksin dapat diberikan dengan berbagai rute seperti rute oral, intradermal, subkutan, ataupun intramuskular.

Sebagian besar vaksin disuntikkan intramuskular di otot deltoid lengan atas dan area anterolateral paha atas. Kedua tempat ini dipilih karena dapat memberikan respons imun optimal dan memberi kerusakan yang minim terhadap jaringan sekitar, pembuluh darah, serta jaringan saraf.

Untuk bayi 0-12 bulan, tempat yang dianjurkan untuk penyuntikan vaksin adalah area anterolateral paha atas, karena massa ototnya lebih besar dibanding otot deltoid.

Untuk anak usia 1-2 tahun, penyuntikan vaksin bisa dilakukan di otot deltoid lengan atas jika massa ototnya sudah mencukupi. Sedangkan untuk anak tiga tahun ke atas, penyuntikan vaksin sudah dilakukan di otot deltoid lengan atas.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *