Daily Baby Month-8 Day-2

Sejak Tumbuh Gigi Pertama, Kegiatan Menggosok Gigi Sudah Bisa Dilakukan

Menggemaskan sekali saat gigi si kecil akhirnya muncul! Dengan munculnya gigi pertama ini, maka Bunda sudah harus rutin menyikat gigi bayi dua kali sehari, tentunya menggunakan sikat dan pasta gigi khusus untuk bayi.

Jika giginya baru 1-2 buah, Bunda masih bisa menggunakan sikat gigi jari yang selama ini digunakan untuk menyikat gusi, cukup dioleskan sedikit pasta gigi di permukaan sikat.

Jika gigi sudah lebih banyak, Bunda bisa menyikat gigi bayi dengan sikat gigi khusus bayi yang bulu sikatnya sangat lembut.

Untuk bayi usia 0-3 tahun, pasta gigi cukup dioleskan sedikit saja di permukaan sikat. Sementara untuk usia 3-6 tahun, gunakan pasta gigi hanya sebesar kacang polong. Pastikan pasta gigi yang digunakan mengandung fluoride ya Bun, untuk kesehatan gigi yang optimal.

Cara paling mudah untuk menyikat gigi bayi adalah dengan posisi bayi duduk di pangkuan dan kepala bersandar ke dada Bunda. Untuk anak yang lebih besar, Bunda bisa berdiri di belakangnya lalu mendongakkan kepala anak untuk menyikat giginya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *