Daily Baby Month-8 Day-25

Mengenal Vaksin Influenza

Melakukan imunisasi influenza kepada anak adalah salah satu cara untuk melindunginya dari infeksi virus influenza berat dan komplikasinya. Imunisasi ini sangat dianjurkan untuk anak mulai usia 6 bulan terutama jika anak dengan risiko tinggi terinfeksi virus influenza.

Vaksin influenza perlu diberikan ulang setiap tahun karena virus influenza dengan cepat bermutasi sehingga perlu dilakukan imunisasi setiap tahun.

Ada dua jenis vaksin influenza, yaitu IIV (inactivated influenza vaccine) dan LAIV (live attenuated influenza vaccine). IIV dapat diberikan kepada anak mulai usia 6 bulan dan lebih tua, dan diberikan dengan cara injeksi.

Sementara LAIV dapat diberikan kepada anak usia minimal dua tahun, diberikan melalui semprotan di hidung. Vaksinasi influenza jenis LAIV ini belum tersedia di Indonesia.

Menurut IDAI, dosis vaksin influenza yang diberikan tergantung dari usia anak. Untuk anak usia kurang dari delapan tahun, imunisasi pertama menggunakan dua dosis yang diberikan dengan selang waktu 4-6 minggu. Sementara untuk anak usia sembilan tahun ke atas, untuk pemberian pertama kali cukup satu dosis saja.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *