Daily Baby Month-5 Day-31

Memasuki Usia 3 Bulan, Apakah Bayi Masih Sering Menangis?

Menangis adalah cara bayi mengomunikasikan keinginannya, entah itu lapar, tidak nyaman, atau menunjukkan adanya rasa sakit. Banyak Bunda merasa khawatir dan mengira si Kecil merasakan sakit karena tangisan yang tiada henti.

Untuk memahami tangisan bayi, Bunda perlu mengetahui apa yang dinamakan dengan Purple Crying, yaitu siklus menangis bayi yang dimulai dari umur 2 minggu dan mencapai puncaknya pada usiai 3-4 bulan. Purple merupakan singkatan dari Peak of crying, Unexpected, Resist soothing, Pain-like face, Lost lasting, Evening.

Masa puncak (Peak) bayi sering menangis adalah masa bayi sedang sering-seringnya menangis. Pada masa ini, Bunda harus punya cukup kesabaran agar tidak frustasi. Setelahnya, tangisan bayi akan mulai berkurang. Pada usia tiga bulan, bayi akan menangis sekitar satu jam sehari.

Unexpected adalah masa bayi menangis tanpa Bunda tahu sebabnya. Resist Soothing mengacu pada saat bayi akan tetap menangis walaupun Bunda sudah berusaha menghiburnya.

Pain like-face adalah masa di mana bayi sudah bisa menangis seperti kesakitan, walaupun sebenarnya tidak terjadi apa pun. Long lasting adalah saat bayi menangis lebih dari 5 jam. Dan Evening adalah masa saat bayi menangis saat sore atau malam hari.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *