Panduan Lengkap Membersihkan Pompa ASI

membersihkan pompa ASI

Bagi Bunda yang bekerja, alat yang satu ini sangat diandalkan untuk memastikan pasokan ASI di rumah untuk si Kecil tetap tercukupi. Alat itu adalah pompa ASI. Penting sekali membersihkan pompa ASI setelah digunakan.

Alat yang bisa dioperasikan secara manual maupun dengan menggunakan baterai ini sangat membantu Bunda untuk dapat memerah ASI hingga tuntas. Meskipun memang kadang penggunaannya cukup menyita waktu dan butuh kesabaran. 

Seperti halnya perangkat lain yang Bunda gunakan untuk keperluan si Kecil, pompa ASI juga perlu sering dibersihkan. Pompa ASI yang tidak bersih bisa menyebabkan tumbuhnya bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan si Kecil sakit. 

Apalagi dalam usianya yang sangat muda, daya tahan tubuhnya belum sepenuhnya terbentuk, sehingga si Kecil masih sangat rentan terhadap infeksi. Itu sebabnya Bunda perlu memerhatikan dengan seksama saat membersihkan pompa ASI.

Bagaimana Cara Membersihkan Pompa ASI?

membersihkan pompa ASI

Sedemikian pentingnya cara membersihkan pompa ASI, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dan FDA Amerika Serikat sampai menerbitkan panduan khusus, untuk diikuti para Bunda yang menggunakan pompa ASI sehari-hari. Cara membersihkan alat ini adalah sebagai berikut:

  1. Cuci tangan sebelum menggunakan pompa, dan gunakan tisu basah antibakteri untuk membersihkan bagian luar pompa.
  2. Periksa seluruh bagian pompa untuk melihat apakah ada jamur yang tumbuh di permukaannya. Segera ganti perangkat pompa ASI Bunda dengan perangkat cadangan. Jamur biasanya sulit dibersihkan hingga benar-benar tuntas, karena itu sebaiknya gunakan perangkat cadangan atau membeli yang baru.  
  3. Setiap kali selesai digunakan, lepaskan semua bagian pompa, lalu cuci dengan menggunakan air mengalir. Jangan merendam pompa ASI di wastafel atau mencucinya bersama perangkat makan yang lain, agar tidak terjadi kontaminasi bakteri.
  4. Pisahkan spons pembersih dengan spons yang digunakan untuk mencuci piring anggota keluarga yang lain, juga gunakan sabun khusus yang aman untuk mencuci perangkat minum dan makan bayi.
  5. Segera bersihkan semua bagian pompa ASI dengan menggunakan air sabun panas dan sikat bagian-bagiannya hingga bersih.
  6. Bilas dengan menggunakan air dingin yang mengalir.
  7. Keringkan dengan beralaskan serbet bersih dengan cara diangin-anginkan seluruh bagiannya. Jangan mengelapnya dengan serbet untuk menghindari berpindahnya bakteri dari serbet ke perangkat pompa.
  8. Cuci juga spons, sikat, dan baskom yang Bunda gunakan untuk mencuci pompa sebelum digunakan lagi.
  9. Kalau Anda memiliki alat pencuci piring otomatis, cuci dengan menggunakan mode air panas atau mode sanitasi. Angin-anginkan seluruh perangkat pompa ASI Bunda. 
  10. Simpan pompa yang sudah bersih dalam tempat bersih dan tertutup (kontainer), asal seluruh bagiannya sudah kering.  

Agar Perangkat Lebih Steril

membersihkan pompa ASI

Untuk membersihkan pompa ASI, Bunda juga dapat mensterilkan perangkat dengan menggunakan cara yang sama dengan mensterilkan botol-botol si Kecil, yaitu:

  • Merebusnya dalam air mendidih selama 10 menit. Pastikan seluruh perangkat terendam dalam air mendidih untuk memastikannya benar-benar steril. Setelah 10 menit, matikan api, lalu angkat seluruh perangkat pompa, keringkan, dan simpan dalam tempat tertutup (kontainer). 
  • Menggunakan alat penguap. Bila Bunda menggunakan steamer, Bunda dapat mensterilkan perangkat pompa bersama-sama dengan botol, dot, empeng, dan perangkat lainnya. Nyalakan, lalu tunggu sampai steamer mati secara otomatis, kira-kira selama 3 menit. Angkat seluruh perangkat, keringkan, dan simpan dalam kontainer. 

Apakah Bunda Selalu Memerlukan Pompa ASI? 

membersihkan pompa ASI

Jawabannya kembali pada kenyamanan Bunda sendiri. Sebagian Bunda malah ada yang lebih nyaman untuk memerah sendiri ASI-nya dengan menggunakan jari dan menampungnya langsung di dalam botol, daripada menggunakan pompa ASI manual ataupun yang dioperasikan dengan baterai. 

Apa pun cara yang Bunda pilih untuk memerah ASI, yang penting adalah pastikan tangan dan seluruh perangkat yang Bunda gunakan bersih dan steril. 

Sumber:

Parents. 2017. The CDC’s New Breast Pump Cleaning Guidelines Are a Must-Read for Pumping Moms.

What to Expect. 2020. How to Clean Your Breast Pump.

FDA. 2018. Cleaning a Breast Pump.

By dr. Mutia Winanda, M.Gizi, Sp. GK

Dokter Spesialis Gizi Klinik dan Konselor Laktasi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *