Persalinan Kedua Lebih Cepat, Benarkah?

persalinan kedua

Ada yang bilang persalinan kedua lebih cepat dibandingkan dengan kehamilan pertama. Benarkah? Yuk, cek apakah ini fakta atau hanya mitos? 

Kehamilan Pertama VS Kedua

persalinan kedua

Pada kehamilan kedua, gejala-gejala ibu hamil, tentu saja masih dirasakan. Bila Bunda pusing dan muntah pada kehamilan pertama, Bunda mungkin akan tetap mengalaminya di kehamilan kedua, walau intensitasnya kemungkinan berbeda. 

Bunda juga akan lebih cepat sadar akan perubahan dan sensasi pada tubuh sebulan lebih cepat daripada kehamilan pertama.

Hal ini disebabkan karena uterus dan otot terkait sudah pernah mengalami hal yang sama sebelumnya. Atau, memang Bunda lebih awas dengan perubahan yang terjadi karena sudah pernah hamil sebelumnya. 

Pada kehamilan kedua, Bunda dikatakan akan merasakan gerakan Si Kecil lebih cepat dari kehamilan pertama, yaitu di usia kehamilan 16-18 minggu. Sementara pada kehamilan pertama hal ini baru dirasakan pada usia kehamilan 19-22 minggu.

Kontraksi juga masih Bunda rasakan seperti di kehamilan pertama, namun pada kehamilan kedua akan lebih banyak kontraksi palsu atau Braxton Hicks di trimester kedua atau akan semakin menguat di trimester akhir

Hal tersebut disebabkan karena Bunda sudah pernah merasa kontraksi yang nyata dan efektif sebelumnya, sehingga tubuh lebih mudah mengenali kontraksi. Pada kehamilan pertama, mungkin Bunda hanya mengira sebagai gerakan bayi saja. 

Kehamilan kedua juga dikatakan lebih pendek beberapa minggu daripada kehamilan pertama karena ukuran serviks lebih pendek dibanding sebelumnya. Serviks yang semakin pendek menunjukkan bahwa janin sudah semakin mendekati waktu lahir.

Apa yang Berbeda?

Anggapan bahwa persalinan kedua lebih cepat dan lebih muda ada benarnya. Penyebabnya ada banyak. 

Bila pada persalinan pertama, Bunda dapat mengalami proses persalinan yang panjang, yaitu sekitar 12-14 jam sebelum pembukaan lengkap, di persalinan kedua, proses persalinan menjadi lebih cepat yaitu sekitar 8 jam. 

Penyebabnya adalah leher rahim Bunda telah terbuka lebih lebih lebar saat melahirkan anak kedua. Panggul dan vagina Bunda juga lebih lentur karena “jalan lahir” sudah ada. Sehingga Si Kecil lebih mudah keluar saat persalinan.

Tenaga dorong Bunda pada persalinan pertama bisa dibilang lebih panjang, dibandingkan persalinan kedua. Meski rentang waktunya bervariasi, rata-rata proses mengejan untuk pertama kali sekitar 20 menit hingga 3 jam. Sementara saat melahirkan anak kedua, bisa kurang dari 1 jam.

Kondisi mental dan emosional Bunda pada kehamilan kedua juga beragam. Beberapa Bunda mengalami stres karena pengalaman kehamilan pertama yang dianggap traumatis. Beberapa Bunda mengalami stres karena takut tidak memberikan perhatian yang sama kepada kedua anak.

Namun, pengalaman pertama banyak memberikan pembelajaran, yang seharusnya dapat menjadi pedoman Bunda untuk menghadapi pengalaman yang sama dengan lebih baik lagi.

Mitos Seputar Persalinan Kedua 

Selain hal di atas, ada beberapa mitos lain yang berhubungan dengan persalinan kedua, di antaranya:

Mitos: Sekali Caesar, akan Caesar Lagi 

Bila pada persalinan pertama keinginan untuk melahirkan secara normal tidak terwujud, bukan berarti Bunda tidak bisa melakukannya pada persalinan kedua. Tubuh Bunda sudah lebih berpengalaman untuk menjalani proses persalinan normal dan menerima epidural.

Akan tetapi perlu diingat bahwa untuk melahirkan secara normal di persalinan kedua, jarak pasca kelahiran pertama adalah 18 bulan. 

Mitos: Jika sebelumnya menjalani proses episiotomi, akan melakukannya lagi

Salah besar bila pada persalinan pertama Bunda harus menjalani episiotomi, kemudian harus melakukannya lagi di persalinan kedua. Metode Ini perlu dilakukan hanya jika perineum Bunda kurang elastis. 

Untuk membuatnya elastis, Bunda bisa mengatur ritme mengejan sedemikian rupa, sehingga bayi Anda akan keluar dengan perlahan.

Mitos: Hamil kedua tidak perlu menghadiri pertemuan Prenatal

Walau Bunda telah pengalaman dengan persalinan pertama, bukan berarti Bunda bisa melewatkan jadwal pertemuan prenatal. Pertemuan ini tetap bermanfaat untuk memberikan informasi seputar kehamilan kedua Bunda. 

Mitos: Ukuran bayi kedua lebih besar

Urutan kelahiran, tidak menentukan ukuran bayi yang akan dilahirkan. Seandainya memang lebih besar, perbedaannya pun tipis dan tidak lebih dari 100 gram.

Sumber:

Parenting. Seputar Persalinan Bayi Kedua.

Halodoc. 2017. Uniknya Mitos & Fakta Persalinan Kedua.

What to Expect. 2021. What’s the Average Labor Time for a Second Baby? 

Verywell Family. 2021. Differences Between First and Second Pregnancy.

Sehatq. 2020. Melahirkan Anak Kedua Bisa Berlangsung Lebih Cepat, Mengapa?

Mother and Baby. 2019. 12 Mitos dan Fakta tentang Persalinan Kedua.

By dr. Linda Lestari, Sp.OG

Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *