Amankah Menyusui Sambil Tiduran? Ikuti Petunjuk Ini

menyusui sambil berbaring

Saat tubuh sudah terasa lelah, menyusui sambil tiduran menjadi pilihan agar Bunda dapat berbaring sambil menyusui, apalagi saat tengah malam. Apakah bijak menyusui sambil tiduran?

Jika dilakukan dengan benar, maka posisi menyusui ini aman untuk dilakukan. Bunda bisa berlatih melakukannya pada pagi-siang hari, agar semakin mahir melakukannya dan tahu cara menyusui yang aman sambil tiduran pada malam hari.

Manfaat Menyusui sambil Tiduran bagi Ibu

menyusui sambil berbaring

Ada yang menyebutkan bahwa Bunda harus berhati-hati saat menyusui dalam posisi tiduran, karena berbahaya bagi bayi. Padahal jika dilakukan dengan tepat, maka posisi menyusui ini tergolong aman, bahkan direkomendasikan bagi ibu menyusui dalam kondisi tertentu. Misalnya saja:

  • Saat masih berada di rumah sakit. Posisi menyusui ini adalah yang paling nyaman dilakukan di atas tempat tidur rumah sakit karena Bunda dapat berbaring dan beristirahat setelah mengeluarkan banyak energi saat melahirkan.
  • Saat beristirahat. Setelah duduk di kursi seharian, rasanya nyaman sekali bisa saat bisa menyusui sambil tiduran, karena punggung dan leher yang kaku dapat relaks. 
  • Saat Bunda kelelahan atau tidak enak badan. Dalam kondisi seperti ini, bangun dari tempat tidur saja rasanya sulit sekali. Karena itu, menyusui dalam posisi berbaring menjadi pilihan yang tepat.
  • Setelah Bunda melahirkan dengan operasi Caesar. Posisi berbaring menyamping saat menyusui merupakan posisi ideal bagi Bunda yang melahirkan dengan operasi Caesar, karena bayi tidak menekan perut dan jahitan.
  • Jika Bunda memiliki payudara yang besar. Posisi menyusui sambil duduk sering kali jadi melelahkan jika Bunda memiliki payudara yang besar. Menyusui sambil tiduran menyamping akan membantu mengatasi masalah ini.

Posisi Menyusui Sambil Tiduran yang Aman

Ada dua posisi menyusui bayi yang aman untuk Bunda lakukan sambil tiduran, yaitu:

Posisi semi-berbaring (laid-back)

Bunda ada dalam posisi berbaring tapi menggunakan bantal-bantal sebagai pengganjal punggung sehingga tak sepenuhnya berbaring (punggung membentuk sudut 45 derajat). 

Posisi ini membantu membuat tubuh menjadi rileks setelah lelah beraktivitas seharian. Namun jangan sampai tertidur ya, Bun, karena bayi bisa terjatuh atau berpotensi kesulitan bernapas. 

Posisi menyusui sambil tiduran ini dianggap ideal untuk membantu Bunda dan bayi baru lahir sama-sama belajar menyusui dengan benar. 

Saat bayi baru lahir menelungkup di atas perut dan dada Bunda, ia akan menggunakan instingnya untuk dapat menyusui, ditandai dengan gerakan-gerakan yang ditujukan untuk menemukan puting payudara Bunda.

Bagi para ibu, posisi ini juga membantu meningkatkan bonding dengan bayi, karena melakukan skin-to-skin contact.

Posisi berbaring menyamping (side-lying atau lying down)

Posisi menyusui sambil tiduran menjadi pilihan tepat untuk sesi memberikan ASI di malam hari. 

Bunda berbaring menyamping di sebelah bayi dan saling berhadapan. Kepala Bunda terganjal bantal dan tangan di bagian bawah bisa diselipkan ke bagian bawah bantal atau digunakan untuk menyangga punggung bayi agar tubuhnya tetap menyamping. 

Posisikan puting payudara dekat dengan hidung bayi, atau bisa juga Bunda mengarahkan puting payudara ke mulut bayi baru lahir. Gunakan tangan Bunda yang satu lagi untuk mengatur posisi payudara ini agar bayi mudah melakukan pelekatan.

Agar merasa nyaman, Bunda dapat menekuk kedua kaki, menggunakan guling untuk menyangga punggung, atau menjepit guling di antara dua kaki. Posisi ini cenderung membuat Bunda dan bayi tertidur.

Jika terlanjur tertidur, maka begitu Bunda bangun, bayi harus segera dipindahkan ke tempat tidurnya sendiri.

Ada baiknya Bunda memvariasikan posisi menyusui untuk mencegah terjadinya penyumbatan kelenjar susu di payudara. Jika kesulitan melakukannya, maka Bunda dapat berkonsultasi dengan dokter anak dan konsultan laktasi. 

Sumber:

WebMD. 2021. How to Breastfeed While Lying Down.

NCT UK. 2019. Breastfeeding Positions: Which are Best for You?

Verywell Family. 2020. The Side-Lying Breastfeeding Position.

By dr. Mutia Winanda, M.Gizi, Sp. GK

Dokter Spesialis Gizi Klinik dan Konselor Laktasi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *