Apakah Ciri-Ciri Kehamilan Bisa Dilihat dari Wajah?

Banyak orang kadang menebak-nebak tanda awal kehamilan dari ciri-ciri wajah, bentuk tubuh, dan sebagainya. Penjelasan berikut akan membahas soal ciri-ciri orang hamil dari raut wajah dan tanda pasti kehamilan.

Perubahan Wajah pada Saat Hamil

hamil dari wajah

Selain perubahan fisik yang bisa terlihat dari perut yang membesar, tangan dan kaki yang kadang membengkak, juga payudara yang membesar, wajah Bunda yang sedang hamil juga ikut berubah. Kondisi ini bisa dengan mudah terlihat, meski bukan merupakan tanda pasti seseorang sedang hamil. 

Ciri-ciri orang hamil dari raut wajah di antaranya:

Wajah tampak bersinar/glowing

Ini biasanya yang paling didambakan para Bunda yang sedang hamil; kulitnya tampak merona dan bersinar, disebut sebagai “pregnancy glow”.

Kondisi ini sebenarnya disebabkan kulit memproduksi lebih banyak minyak, juga aliran darah meningkat pada permukaan kulit, sehingga kulit terlihat berseri dan glowing.

Hidung membesar

Seiring dengan meningkatnya sirkulasi darah pada membran mucus juga meningkatnya produksi hormon estrogen saat hamil bisa menyebabkan hidung terlihat membesar. 

Muncul flek kecokelatan/melasma

Melasma merupakan kondisi hiperpigmentasi yang dipengaruhi oleh perubahan hormon. Melasma biasanya terlihat pada dahi, pipi, atau dagu berupa vlek-vlek kecokelatan.

Flek ini juga biasanya akan terlihat pada tubuh seiring usia kehamilan. Kondisi ini kadang juga menyebabkan kulit wajah Bunda terlihat lebih gelap daripada biasanya. 

Mata terlihat sembap

Kondisi ini sangat lazim terlihat pada Bunda yang sedang hamil, padahal sudah mendapat cukup istirahat.

Kulit kemerahan

Kadang, karena tubuh semakin berat dan tekanan darah meningkat, kulit menjadi terlihat kemerahan. 

Muncul jerawat

Jerawat juga merupakan gejala umum yang sering dialami Bunda yang sedang hamil. Jerawat muncul karena perubahan hormon memicu produksi minyak meningkat dan menyumbat pori. Setelah selesai masa hamil, biasanya jerawat akan menghilang. 

Kulit menjadi lebih sensitif

Bunda saat hamil terkadang bisa mendapati bahwa produk-produk perawatan kulit yang biasa digunakan menjadi tidak cocok lagi, misalnya kulit menjadi lebih kering atau mudah mengalami iritasi.

Muncul bintik-bintik pada wajah/freckles dan tahi lalat

Mirip dengan melasma yang timbul pada wajah, tidak jarang Bunda hamil juga akan mendapati kulit wajahnya muncul freckles/”sproten” juga tahi lalat, karena meningkatkan hormon progesteron dan estrogen di dalam tubuh. 

Tanda Kehamilan yang Pasti

hamil dari wajah

Hanya melihat dari ciri-ciri orang hamil dari raut wajah tentunya tidak cukup, karena banyak sekali gejala atau kondisi kesehatan lain yang memiliki gejala yang serupa. Daripada sekadar menebak-nebak, tanda kehamilan yang lebih pasti adalah melalui hal-hal berikut:

  • Berhentinya menstruasi
  • Munculnya rasa mual dan ingin muntah, terutama pada pagi hari
  • Pusing dan tekanan darah tiba-tiba menurun
  • Merasa lebih sensitif terhadap bau-bauan dan makanan tertentu
  • Merasa ingin makan makanan tertentu atau mengidam
  • Payudara mengencang dan membesar
  • Berat badan meningkat
  • Lebih sering BAK
  • Lebih cepat lelah
  • Jantung berdebar
  • Terjadi spotting/flek. Kondisi ini bisa terjadi dalam 20% kehamilan

Kapan Harus ke Dokter?

Pengalaman kehamilan setiap perempuan bisa berbeda. Karenanya, jika hanya berpatokan pada tanda-tanda umum saja belum bisa menjadi sebuah kepastian.

Uniknya, bahkan ada wanita-wanita yang bahkan tidak merasa mengalami perubahan apa pun. Bahkan tetap menstruasi secara teratur, sampai akhirnya di saat tertentu mengalami nyeri perut hebat yang saat diperiksa ternyata adalah sudah masuk masa persalinan. 

Untuk memastikan kehamilan, Bunda tentu saja perlu melakukan pemeriksaan, di antaranya dengan menggunakan alat uji kehamilan (test pack) yang bisa dilakukan sendiri di rumah, maupun memeriksakan diri ke dokter atau bidan.

Semakin cepat Bunda memeriksakan diri ke dokter atau bidan akan semakin baik, karena Bunda akan lebih cepat mendapatkan prenatal care dari tenaga medis tersebut. 

Sumber:

First Cry Parenting. 2018. How Does a Woman’s Face Change During Pregnancy?

Healthline. 2018. Early Pregnancy Symptoms.

American Pregnancy. Early Signs of Pregnancy.

Self. 2016. 8 Subtle Signs You Might Be Pregnant And Not Know It.

By dr. Linda Lestari, Sp.OG

Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *