Perlukah Memakai Baby Oil dan Cara Penggunaan yang Aman

Baby oil adalah salah satu produk perawatan bayi yang wajib tersedia di rumah maupun dalam tas bayi. Apa kegunaan baby oil untuk bayi? Adakah alternatifnya bila si Kecil alergi baby oil? Cek jawabannya di sini.

Apa Itu Baby Oil?

baby oil

Bunda tentu sangat familiar dengan baby oil. Ini adalah produk perawatan bayi yang selalu ada bersamaan dengan rangkaian produk pembersih, bedak, maupun lotion untuk bayi. Bukan saja untuk bayi, tak jarang orang dewasa pun menggunakannya.

Baby oil terbuat dari minyak mineral yang tidak berbau maupun berwarna. Minyak mineral ini didapatkan dari hasil penyulingan minyak bumi atau crude oil yang sudah dimurnikan sehingga aman untuk kulit bayi yang sensitif.  

Pada produk baby oil yang dijual bebas, biasanya minyak mineral akan ditambah dengan vitamin A, vitamin E, pewangi dan pengawet, juga campuran minyak berbahan alami yang dapat membantu merawat kulit bayi.

Manfaat Baby Oil

baby oil

Karena kulit bayi yang mudah kering dan iritasi, maka baby oil lazim digunakan untuk membantu melembapkan kulit. Selain itu, kegunaan baby oil untuk bayi adalah:

Sebagai campuran air mandi bayi

Untuk melembapkan kulit bayi, selain diusapkan langsung pada kulit, baby oil juga bisa dicampurkan dalam air mandi bayi.

Membersihkan lipatan kulit dari kotoran

Biasanya Bunda menggunakan baby oil untuk membersihkan beberapa bagian lipatan kulit dari kotoran, seperti lipatan tangan, paha, leher, juga bagian dalam pusar.

Mengurangi gesekan antara kulit dengan kain/popok

Agar kulit bayi terhindar dari iritasi, baby oil biasanya digunakan untuk mengurangi gesekan antara kulit dengan kain atau popok yang teksturnya agak kasar.

Membantu membersihkan kerak di kulit kepala

Terutama pada bayi yang baru lahir, pada kulit kepalanya terkadang banyak kerak atau sisik yang menebal. Untuk membersihkannya, biasanya digunakan baby oil agar kulit tidak mudah lecet.

Sebagai minyak untuk pijat bayi

Pijat bayi sangat disarankan untuk memperlancar peredaran darah di tubuh bayi. Saat memijat, gunakan minyak yang licin, tidak mudah mengering, dan aman untuk kulit bayi, yaitu baby oil

Baby oil juga disukai karena sifatnya yang lembut pada kulit bayi dan tidak menyumbat pori-pori kulit. Selain itu, produk baby oil juga memiliki formula yang hypoallergenic.

Penggunaan baby oil oleh para orang tua adalah masalah kebiasaan dan bukan sebuah kewajiban. Namun sebagai produk perawatan kulit untuk bayi yang aman dan punya banyak manfaat, baby oil menjadi produk yang disarankan selalu ada di rumah.

Cara Memilih dan Memakai Baby Oil

Meskipun baby oil jarang menyebabkan reaksi alergi pada kulit bayi, tak ada salahnya bila Bunda ingin hati-hati dalam memilih dan memakai produk yang banyak di pasaran. 

Adapun beberapa cara yang bisa Bunda lakukan di antaranya:

  • Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anak sebelum menggunakan baby oil.
  • Pastikan produk yang Bunda pilih memang diformulasikan untuk kulit bayi.
  • Pilih yang wanginya lembut atau yang tidak mengandung pewangi, untuk mencegah reaksi pada kulit bayi yang sensitif.
  • Sebagai uji coba, usapkan sedikit baby oil pada kulit si Kecil terlebih dulu. Bila tidak ada reaksi alergi seperti kemerahan, bengkak, ruam, muncul bintil-bintil ataupun gatal, baru gunakan untuk area kulit yang lebih luas.
  • Jangan sampai baby oil mengenai bagian mata, hidung, dan mulut bayi. Bila hal ini terjadi, bilas segera dengan air bersih.
  • Simpan baby oil di tempat yang kering, sejuk, dan jauhkan dari sinar matahari. Jangan lupa juga untuk menjaga wadah baby oil tertutup rapat saat sedang tidak digunakan, untuk mencegah kontaminasi bakteri.

Apakah Ada Alternatif Lain untuk Merawat Kulit Bayi?

Bila tidak ingin menggunakan baby oil, Bunda juga dapat menggunakan minyak-minyak berbahan alami, seperti minyak zaitun, minyak kelapa murni, minyak almond, minyak chamomile, dan sebagainya. Namun pastikan kulit si Kecil tidak alergi terhadap bahan-bahan tersebut ya, Bun. 

Perlu diingat bahwa jika Bunda menggunakan minyak esensial untuk merawat kulit bayi, jangan lupa melarutkannya dengan carrier oil agar efeknya lebih lembut di kulit. 

Rawat kulit si Kecil yang halus dengan menggunakan produk berkualitas ya Bun, agar kesehatan dan kondisinya tetap terjaga.

Sumber:

Parenting First Cry. 2019. Baby Massage Oils – Which One Is Good for Your Child?

Mother and Baby. 2019. Moms, Ini 4 Manfaat Pemberian Baby Oil untuk Bayi.

Healthline. 2020. The Best Oils for Baby Massage (and What to Avoid).

Hello Sehat. 2021. 5 Manfaat Baby Oil untuk Bayi Selain Melembapkan Kulit.

By dr. Arnold Soetarso, Sp.A

Dokter Spesialis Anak

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *