Cara Menidurkan Bayi Susah Tidur Tanpa Tangisan

Cara Menidurkan Bayi Susah Tidur

Salah satu yang menjadi tantangan bagi orang tua dengan kehadiran si Kecil adalah menidurkannya, apalagi jika ia tergolong bayi susah tidur. Memang butuh kesabaran dan strategi untuk melakukannya agar Bunda dan pasangan tidak stres dan kelelahan saat melakukannya. 

Bunda dapat mencoba tips cara menidurkan bayi atau berkonsultasi dengan dokter anak dan berdiskusi dengan komunitas ibu untuk mendapatkan jawabannya.

Pola Tidur Bayi dalam Enam Bulan Pertama Kehidupannya

Bayi baru lahir biasanya memiliki waktu tidur yang panjang, mencapai 16-18 jam per hari. Karena masih belum mengenali perbedaan siang dan malam, maka ia akan tidur kapan saja tanpa memperdulikan waktu.

Si Kecil bisa tidur 3-4 jam lalu terbangun karena rasa lapar dan ingin menyusu, dan tak lama setelah itu kembali tertidur. Pada usia 3-6 bulan, ia sudah mulai tidur lebih lama, sekitar enam jam. 

Selama enam bulan pertama, kebutuhan bayi untuk makan melebihi kebutuhan tidurnya, karena pada masa ini, tumbuh kembangnya berlangsung dengan pesat.

Walau baru tidur 1-2 jam, tapi ia akan terbangun saat merasa lapar, terutama saat ia sedang mengalami growth spurt yang membuatnya bisa menyusu hampir setiap jam pada sore hari. 

Karena itu, selama periode enam bulan ini, Bunda memang harus fleksibel untuk memenuhi kebutuhan bayi menyusu serta membantu menenangkannya agar ia bisa tidur kembali saat terbangun.

Membuat Rutinitas Tidur

bayi tidak bisa tidur nyenyak

Walaupun kondisinya demikian, tapi Bunda sudah dapat mulai menerapkan beberapa cara untuk membantu bayi mudah tidur dan tidur kembali saat tiba-tiba terbangun. Salah satunya adalah membuat rutinitas tidur. 

Caranya adalah dengan membuat jadwal aktivitas menjelang tidur yang sama setiap harinya pada jam yang sama untuk melatih bayi mengenali bahwa sekarang saatnya untuk tidur.

Pilihan aktivitasnya haruslah yang tenang dan membuat bayi relaks, terutama saat semakin mendekati waktu tidur.

Tergantung preferensi Bunda, beberapa aktivitas yang dapat dilakukan menjelang tidur adalah menyusui, memandikan bayi, membacakan cerita, dan berpelukan.

Lakukan aktivitas favoritnya paling akhir di dalam kamar sehingga bayi memiliki pemikiran yang positif tentang tidur. 

Sebaiknya taruh bayi di tempat tidurnya saat ia masih terbangun tapi sudah terlihat sangat mengantuk. Ini membantu bayi untuk belajar tertidur di tempat tidurnya sendiri.

Bunda juga sebaiknya membuat suasana kamar mendukung saat ia tidur. Bisa dengan meredupkan lampu, memainkan musik yang lembut, atau menggunakan aplikasi di ponsel untuk memutarkan white noise yang menenangkan. 

Jika bayi tidur sekamar dengan Bunda, maka hindari mengobrol di kamar tidur. Saat bayi terbangun untuk menyusu, jaga agar cahaya lampu tetap redup dan minimalkan berbicara. 

Cara ini juga bisa dijadikan sebagai cara menidurkan bayi yang susah tidur karena meminimalkan stimulasi yang membuat bayi susah untuk kembali tidur.

Cara Menidurkan Bayi yang Susah Tidur

Cara Menidurkan Bayi Susah Tidur

Bagaimana jika sudah menerapkan tips di atas tapi bayi masih susah tidur? Menurut para ahli, cara menidurkan bayi yang susah tidur adalah dengan menurunkan kadar hormon kortisol di dalam tubuhnya sehingga bayi menjadi lebih tenang dan relaks. Berikut beberapa caranya:

Gendong bayi 

Caranya adalah dengan menggendong bayi lalu melakukan gerakan-gerakan ringan dan repetitif, misalnya diayun atau digoyang dengan lembut. Lakukan sambil menyanyikan lagu pengantar tidur. Taruh kembali bayi di tempat tidurnya saat ia sudah tenang dan mengantuk.

Berikan pijatan ringan

Bunda juga bisa menerapkan cara menidurkan lainnya, yaitu dengan memberi pijatan ringan dan membedong bayi (jangan terlalu erat ya, Bun). 

Untuk bayi yang lebih besar, jika ia terbangun tengah malam dan menangis, maka Bunda bisa menenangkannya dengan menepuk-nepuk lembut bagian bokong dan pahanya dengan ritme yang stabil.

Lakukan sambil menyanyikan lagu pengantar tidur atau mengeluarkan suara, “Sssshhh …”. Lakukan ini dalam suasana kamar yang mendukung ya, Bunda.

Sumber:

Grow by WebMD. 2021. Help Your Baby Sleep through the Night.

Raising Children. 2021. Helping Babies Sleep and Settle: 0-6 Months.

Healthy Children. 2018. Getting Your Baby to Sleep.

Cleveland Clinic. 2018. The 6 Best Ways to Make Your Baby Tired (and 3 Things NOT to Do).

By dr. Arnold Soetarso, Sp.A

Dokter Spesialis Anak

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *