Belekan Pada Mata Bayi: Normalkah?

Bunda heran saat menemukan kotoran mata pada bayi yang tidak kunjung hilang? Kotoran mata atau belek sebenarnya hal yang normal terjadi pada bayi. 

Namun, bila terjadi terus-menerus dan dalam jumlah banyak, mungkin Bunda merasa khawatir. Apa yang yang menyebabkan belekan pada mata bayi yang tidak kunjung menghilang?

Penyebab Belekan pada Mata Bayi

belekan pada mata bayi

Belekan pada mata bayi disebabkan karena kelenjar mata bayi belum sempurna. Katup air mata dikatakan masih tertutup, sehingga ada sumbatan pada saluran air mata yang terhubung ke rongga hidung. 

Karena tak bisa mengalir ke rongga hidung, timbullah genangan yang berujung pada terbentuknya kotoran mata atau belek pada mata bayi.

Kelenjar mata yang belum sempurna pada bayi akan terus berlangsung sampai usia bayi mencapai 7 bulan sampai 1 tahun. 

Belekan pada mata bayi dapat menjadi pertanda terjangkitnya bayi pada virus atau bakteri. Virus dan bakteri ini bisa saja ditularkan pada si Kecil saat lahir secara persalinan normal. 

Perbedaan warna dan bentuk kotoran mata adalah penanda yang membedakan dengan belekan biasa. Infeksi virus pada mata misalnya, disertai dengan gejala mata merah dan cairan mata yang tiada henti.  

Sedang pada infeksi bakteri, menyebabkan kedua kelopak mata menempel akibat nanah yang keluar dan mengering. Hal ini membuat mata bayi menjadi sulit terbuka saat bangun tidur.

Cara Mengatasi Belekan pada Mata Bayi

Belekan pada mata bayi dapat diatasi dengan beberapa tahapan berikut:

  • Selalu cuci tangan hingga bersih, sebelum dan sesudah membersihkan belek pada mata Si Kecil.
  • Siapkan kapas atau beberapa cotton bud yang bersih, dan air hangat.
  • Basahi kapas atau cotton bud dengan air hangat. Kemudian usap mata Si Kecil, dari sudut mata bagian dalam ke sudut mata bagian luar secara perlahan.
  • Ulangi tindakan ini hingga mata Si Kecil bersih dari belek dan kerak. 
  • Jangan berbagi handuk atau kain lap bayi, guna menghindari kontaminasi jika ada infeksi.

Selain membersihkan belek pada mata bayi setiap harinya sampai bersih, melakukan pijatan juga dapat menjadi solusi belekan pada mata bayi. 

Bila sumbatan air mata terjadi, ibu disarankan memijat pangkal hidung si Kecil.

Pijatan tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan jari telunjuk dan area yang diberi penekanan adalah pangkal hidung ke bawah. Pijatan ini berfungsi membantu membuka saluran air mata yang tersumbat.

Mitos ASI Sembuhkan Belekan

Ada kepercayaan di masyarakat Indonesia, bahwa mengoleskan ASI pada mata bayi akan menyembuhkan belekan yang terjadi. Hal ini tentu saja tidak benar. 

ASI memang penuh dengan kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, namun ASI tidak dipergunakan untuk dioleskan pada mata bayi. ASI yang lengket justru akan membuat mata bayi semakin sulit untuk dibuka. Meneteskan ASI pada mata bayi justru menimbulkan risiko lain karena tidak higienis.

Gunakan hanya air bersih untuk membersihkan belekan pada mata bayi. Ketelatenan ibu membersihkan belek pada mata bayi ini justru yang diperlukan

Sumber:

IDAI. 2016. Belekan pada Bayi Baru Lahir, Normalkah?

Raising Children. Blocked Tear Duct.

Klikdokter. 2020. Mata Bayi Belekan Terus, Apa Penyebabnya?

Haibunda. 2018. ASI Bantu Sembuhkan Belekan pada Bayi, Mitos atau Fakta?

By dr. Arnold Soetarso, Sp.A

Dokter Spesialis Anak

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *