Cara Memilih Tempat Mandi Bayi yang Tepat

tempat mandi bayi

Berbelanja kebutuhan bayi yang akan lahir memang menyenangkan. Melihat berbagai produk yang lucu dan menggemaskan, mulai dari pakaian, botol susu, sampai tempat mandi bayi, Bunda sering kali jadi belanja berlebihan. 

Untuk menghindari membeli tempat mandi yang salah, Bunda perlu mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini. 

Tempat Mandi Bayi, Perlukah untuk Dimiliki?

tempat mandi bayi

Baby bather, baby bathtub, baby bath seat, dan baby bath support, ada berbagai macam jenis tempat mandi bayi yang dijual di pasaran.

Perlengkapan mandi bayi ini umumnya ditujukan untuk memudahkan Bunda saat memandikan bayi. Jika Bunda menganggap perlu untuk punya, maka bisa mempertimbangkan jenis produk yang tepat.

Baby bathtub biasanya menjadi pilihan orang tua yang tidak memiliki bathtub atau wastafel besar untuk memandikan bayi. Bunda tinggal mengisi bathtub ini dengan air hangat, lalu memandikan bayi di dalamnya. 

Kekurangan dari bathtub adalah saat Bunda memandikan bayi dengan sabun atau sampo, maka Bunda harus menyediakan air bersih ekstra untuk membilas tubuh bayi. 

Sementara baby bather, baby bath seat, dan baby bath support umumnya digunakan di bathtub atau di wastafel besar.

Bayi diletakkan di atas produk lalu ditempatkan di bathtub atau wastafel besar. Bunda membasuh tubuh bayi menggunakan shower mandi berselang atau bisa juga dengan gayung berisi air.

Namun ada juga Bunda yang berpikir bahwa bayi dapat dimandikan di dalam bathtub atau wastafel tanpa bantuan tempat mandi.

Tidak ada yang salah jika Bunda berpikir demikian. Hanya jika ingin memandikan bayi di dalam bathtub atau wastafel, maka pastikan Bunda melakukannya dengan benar dan aman, ya.

Pertimbangan saat Memilih Tempat Mandi Bayi 

Jika Bunda memutuskan untuk punya tempat mandi bayi, maka ada beberapa hal yang sebaiknya menjadi pertimbangan Bunda saat memilih produknya. Di antaranya adalah:

Keselamatan bayi

Ini merupakan hal pertama yang harus Bunda pertimbangkan. Umumnya, produk-produk ini sangat memerhatikan faktor keselamatan bayi. Misalnya, permukaan baby bathtub dibuat anti-licin serta tidak memiliki sudut yang tajam.

Perhatikan pula daya tahan produk. Konstruksi baby bather atau baby bath support haruslah kokoh agar tidak roboh saat bayi sedang berada di dalamnya. Pilih juga produk yang memiliki bahan-bahan kuat sehingga tidak mudah pecah atau rusak.

Hindari menggunakan produk preloved

Maksudnya adalah menggunakan produk bekas kakak bayi atau sepupu bayi yang lebih besar, lalu tak terpakai dalam waktu lama.

Ada beberapa standar keamanan dan keselamatan yang terus diperbarui pada produk perlengkapan bayi. Khawatirnya, produk yang tidak digunakan terlalu lama sudah tidak memenuhi standar tersebut.

Kenyamanan Bunda

Jangan kesampingkan hal ini ya, Bun. Misalnya saat Bunda baru melahirkan, memandikan bayi sambil berdiri menjadi pilihan yang membuat Bunda nyaman dibandingkan harus berjongkok atau berlutut di samping bathtub.

Karena itu, pilih tempat mandi yang dapat membuat Bunda nyaman saat memandikan bayi.

Kemudahan

Dengan kondisi rumah dan kamar mandi, produk tempat mandi bayi jenis apa yang paling sesuai dan mudah untuk digunakan? Selain itu, pertimbangkan juga kemudahan dalam membersihkan produk. 

Pemakaian jangka panjang

Ada beberapa produk tempat mandi yang hanya diperuntukkan untuk bayi baru lahir, dan ada juga yang diperuntukkan untuk bayi yang lebih besar.

Jika Bunda ingin menghemat pengeluaran, maka bisa memilih produk yang dapat digunakan untuk jangka panjang.

Untuk baby bather dan bayi bath support misalnya, akan sulit digunakan ketika bayi sudah berusia lebih dari usia enam bulan saat sudah bisa duduk. Sehingga kemudian bayi harus dimandikan di bathtub atau bahkan ember bak lebar. 

Jika Bunda bingung memilih produk tempat mandi bayi, maka sebaiknya berkonsultasi dengan ahlinya. Bisa juga Bunda meminta saran ke teman-teman di komunitas ibu hamil, karena bisa jadi ada yang pernah mengalami pengalaman yang sama.   

Sumber:

What to Expect. 2021. Best Baby Bathtubs.

Verywell Family. 2020. How to Choose a Baby Bath Seat.

Flo. 2020. Baby Bathtub: What Parents Need to Know About Baby Bath Seats and Tubs.

Parents. 2019. Baby Tub Basics: Tips for Buying an Infant Bathtub.

By dr. Fatimah Hidayati, Sp.A

Dokter Spesialis Anak

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *