Yuk Bun, Pelajari Cara Memerah ASI dengan Tangan

asi keluar setelah melahirkan

Selain dengan menyusui bayi, Bunda juga disarankan untuk mengosongkan ASI di payudara dengan cara memerahnya, baik dengan menggunakan pompa atau dengan tangan. Sebagian ibu menyusui lebih menyukai memerah dengan tangan karena lebih mudah. Bunda bisa mempelajari cara memerah ASI dengan tangan di sini.

Manfaat Memerah ASI dengan Tangan

asi basi

Memerah ASI dengan tangan adalah cara mengeluarkan ASI dari payudara dengan memijat dan menekan bagian-bagian payudara menggunakan tangan. 

Cara memerah ASI dengan tangan tentu saja harus Bunda pelajari dan latih. Namun karena tergolong mudah, maka bisa dipelajari dengan cepat.

Mungkin Bunda yang terbiasa memerah ASI dengan pompa terheran-heran dengan praktik ini karena terasa kurang praktis.

Namun bagi yang biasa melakukannya, memerah ASI dengan tangan malah terasa lebih mudah dan simpel. Tentu saja karena cara memerah ASI dengan tangan tidak membutuhkan pompa dan listrik. 

Memerah ASI dengan tangan juga dianggap lebih cocok bagi ibu yang baru menyusui. Alasannya karena jumlah kolostrum yang sangat sedikit membuatnya harus dimanfaatkan dengan optimal saat dikeluarkan dari payudara ibu.

Sangat disayangkan jika kolostrum yang berharga ini kemudian malah tersia-sia karena menempel di perlengkapan memompa bayi.

Saat kolostrum diperah menggunakan tangan, Bunda bisa langsung mengeluarkannya ke wadah penyimpan ASI lalu disimpan di freezer.

Jika bayi baru lahir belum dapat melekat ke puting Bunda dengan tepat saat menyusui, maka Bunda dapat memerah kolostrum langsung ke  sendok lalu menyuapinya ke mulut bayi. 

Memerah ASI dengan tangan juga dianggap merupakan cara mudah untuk mengosongkan payudara setelah bayi selesai menyusu tapi masih ada sisa ASI di dalam payudara. Soalnya, Bunda tidak perlu repot-repot menyiapkan pompa untuk mengeluarkannya. 

Cara Memerah ASI dengan Tangan

Jika Bunda telah belajar dan siap untuk mencoba cara memerah ASI dengan tangan, maka sekarang lah saatnya! Jangan lupa untuk mempersiapkan wadah penampung ASI terlebih dahulu, dan mencuci tangan sampai bersih sebelum mulai memerah ASI.

Berikut ini adalah langkah-langkah cara memerah ASI dengan tangan menggunakan teknik press-compress-release yang dianjurkan oleh La Leche League International:

  1. Buat tubuh lebih relaks dengan bernapas panjang beberapa kali dan melemaskan bahu.
  2. Pijat payudara Bunda dengan lembut menggunakan tangan dan jari-jari untuk menstimulasi refleks keluarnya ASI dari payudara. Inilah kunci dari memerah ASI yang efektif. 
  3. Bungkukkan tubuh bagian atas sedikit ke depan sehingga payudara Bunda agak menggantung. Ini dapat membantu aliran ASI di payudara.
  4. Pegang payudara Bunda dengan cara menangkup menggunakan telapak tangan yang jari-jarinya seperti membentuk huruf C. Tempatkan jari-jari di dekat areola, tapi jangan sampai menyentuh.
  5. Tekan jari-jari tangan ke arah dada.
  6. Kali ini, kompres payudara di antara ibu jari dan jari-jari lainnya sambil semua jari bergerak ke arah puting. Gerakan ini seperti jari-jari sedang memijat payudara. Saat digerakkan, tetap tekan payudara dan jangan lepaskan jari-jari dari payudara ya, Bunda. 
  7. Lepaskan/longgarkan tekanan tanpa melepaskan tangan dari payudara. Saat inilah ASI akan keluar dari puting payudara.
  8. Ulangi gerakan ini selama beberapa kali dalam posisi yang sama dengan irama yang stabil. Setelah itu, geser titik tekanan jari-jari dan lakukan proses yang sama. Ini membuat semua kelenjar susu di payudara terkompres sehingga ASI keluar dengan lancar. 
  9. Jika ASI sudah tidak keluar, berarti payudara sudah berhasil dikosongkan. Bunda bisa pindah ke payudara yang satu lagi dan mengulangi langkah-langkah yang sama. 

Cara memerah ASI dengan tangan ini memang butuh waktu untuk melakukannya dan tidak bisa buru-buru. Karena itu, jika Bunda tidak punya waktu untuk melakukannya, maka memerah ASI dengan pompa merupakan pilihan yang sesuai untuk Bunda. 

Jika Bunda tetap tertarik untuk memerah ASI dengan tangan, maka Bunda dapat berkonsultasi dengan dokter anak dan/atau konsultan laktasi untuk memastikan cara yang Bunda lakukan sudah benar. 

Sumber:

La Leche League International. Hand Expressing.

What to Express. 2020. How to Hand Express Breast Milk.

Verywell Family. 2021. How to Hand Express Breast Milk.

By dr. Mutia Winanda, M.Gizi, Sp. GK

Dokter Spesialis Gizi Klinik dan Konselor Laktasi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *