Apakah Minyak Kemiri Aman untuk Bayi?

minyak kemiri untuk bayi

Bunda tentu sangat familiar dengan penggunaan minyak kemiri untuk menyuburkan rambut. Namun jika minyak kemiri digunakan untuk bayi, apakah aman? Baca penjelasan berikut ya, Bun.

Apa Itu Minyak Kemiri?

minyak kemiri untuk bayi

Di Indonesia, buah kemiri sangat mudah didapatkan dan biasanya digunakan sebagai campuran bumbu dapur.

Selain itu, minyak yang didapatkan dari buah kemiri yang dibakar ini juga sangat sering digunakan untuk merawat rambut, baik untuk bayi hingga orang dewasa. Konon, minyak kemiri dapat membantu menyuburkan rambut. 

Uniknya, ternyata kebiasaan ini juga dilakukan oleh masyarakat di Hawaii. Mereka juga menggunakan minyak kemiri untuk merawat kulit bayi, salah satunya untuk mengatasi ruam.

Kandungan Nutrisi Buah Kemiri

minyak kemiri untuk bayi

Di dalam buah kemiri ternyata terkandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Di antaranya adalah:

Asam oleat

Asam oleat adalah asam lemak yang merupakan komponen utama bahan pengemulsi dalam sabun, pelunak, dan juga pelarut dalam produk aerosol.

Asam oleat merupakan lemak tidak jenuh rantai tunggal yang disebut-sebut memiliki kemampuan untuk mengurangi kolesterol jahat di dalam tubuh.

Vitamin B1

Vitamin B1 atau Thiamin dapat membantu memperkuat akar rambut dan menjaga kesehatan sistem saraf pada akar rambut. Oleh karena itu, penggunaan minyak kemiri sangat baik untuk membantu mempertahankan kesehatan rambut dan menjaga kekuatan akarnya.

Asam lemak Omega 6

Asam linoleat atau asam lemak tak jenuh omega-6 yang banyak digunakan sebagai bahan produk kecantikan karena dipercaya bersifat antiradang, melembapkan, dan mengurangi risiko timbulnya jerawat.

Asam lemak Omega 3

Asam lemak omega-3 banyak diperlukan tubuh untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan. 

Selain itu, kemiri juga mengandung berbagai vitamin, seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin E, sebagai antioksidan yang dapat melindungi kulit dari berbagai kerusakan akibat radikal bebas.

Apakah Minyak Kemiri Aman untuk Bayi?

Ingatlah Bunda bahwa kulit si Kecil masih sangat rentan iritasi. Minyak kemiri, terutama yang murni, mungkin saja memiliki kandungan yang cukup keras, sehingga dapat menimbulkan reaksi alergi pada kulit kepala si Kecil. 

Reaksi alergi yang mungkin timbul misalnya kulit kepalanya merah-merah, gatal, mengelupas, maupun hingga muncul bengkak dan luka. Agar lebih aman, konsultasikanlah dulu dengan dokter, atau berikan minyak kemiri murni saat usianya sudah lebih dari 1 tahun. 

Namun saat ini banyak produk perawatan rambut bayi yang menggunakan campuran minyak kemiri di dalamnya. Cek apakah formulanya cukup lembut dan hypoallergenic, sehingga lebih aman untuk si Kecil. 

Bila ingin membuat minyak kemiri sendiri, Bunda perlu menyiapkan beberapa buah kemiri yang sudah dibersihkan, lalu bakar atau sangrai hingga gosong kehitaman. 

Setelah itu, haluskan biji kemiri bakar dengan menggunakan blender atau cobek hingga halus dan mengeluarkan minyak. Peras kemiri halus, tampung minyaknya dalam wadah khusus. Tutup rapat dan simpan. 

Baik minyak kemiri produksi pabrik maupun buatan sendiri sama baiknya, selama diproses secara higienis dan memerhatikan faktor keamanan untuk kulit bayi yang sensitif. 

Tips Menggunakan Minyak Kemiri untuk Perawatan Rambut Si Kecil

manfaat kacang hijau untuk ibu hamil

Bila dokter Bunda mengizinkan Bunda menggunakan minyak kemiri sebagai perawatan kulit kepala bayi sehari-hari, perhatikan beberapa hal berikut:

  • Bila Bunda ingin menggunakan minyak kemiri murni maupun hair oil yang mengandung kemiri, usapkan beberapa tetes minyak kemiri pada kulit kepala bayi, lalu diamkan selama beberapa saat. Setelah itu, cuci rambutnya sampai bersih. Sisa minyak akan meninggalkan aroma yang kurang sedap dan dapat meninggalkan noda pada kain.
  • Bila Bunda menggunakan produk perawatan rambut bayi, misalnya hair lotion yang mengandung minyak kemiri, Bunda dapat mengaplikasikannya setelah rambut si Kecil dikeramas. Usapkan beberapa tetes hair lotion, pijat dengan lembut. Rambut si Kecil akan lebih harum dan segar. 

Lakukan perawatan rambut secara teratur ya, Bun, untuk mendapatkan manfaatnya.

Sumber:

Alodokter. 2016. Kandungan dan Manfaat Minyak Kemiri untuk Kecantikan dan Kesehatan.

Hello Sehat. 2021. Manfaat Minyak Kemiri untuk Kulit dan Rambut.

Good Doctor. 2020. Minyak Kemiri untuk Bayi, Tak Cuma Sekedar Penyubur Rambut Lho.

By dr. Fatimah Hidayati, Sp.A

Dokter Spesialis Anak

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *