10 Rekomendasi Pumping ASI Elektrik yang Bagus

rekomendasi pumping asi elektrik

Mencukupi kebutuhan ASI Si Kecil sangat penting untuk memastikan bayi mendapatkan nutrisi tumbuh kembangnya. Saat ini, Bunda telah dimudahkan dengan adanya pompa ASI elektrik yang efisien dan efektif. Seperti apa pumping ASI elektrik yang bagus?

Manfaat Pumping ASI Elektrik

rekomendasi pompa elektrik

Memompa ASI untuk kebutuhan SI Kecil, memerlukan waktu dan juga tenaga. Bagi sebagian Bunda, memompa ASI merupakan kegiatan yang cukup merepotkan. Namun, kebutuhan ASI Si Kecil tetap harus dipenuhi.

Beberapa kondisi membuat Bunda memilih untuk menggunakan pompa elektrik ASI dibandingkan memompanya secara manual. Beberapa faktor tersebut di antaranya adalah:

Mengalami risiko kehamilan tinggi

Bunda yang mengalami kehamilan risiko tinggi dan melahirkan bayi prematur, disarankan memberikan ASI yang sudah diperah. Bayi prematur dan bayi dengan berat badan rendah dikatakan terlalu lemah untuk menyusu langsung dari payudara.

Bekerja kantoran

Bunda yang memiliki aktivitas sebagai pekerja kantoran tentunya tidak bisa bebas menyusui seperti Ibu rumah tangga. Bunda harus mengatur agar sambil bekerja, Bunda dapat memompa untuk menambah pasokan ASI di rumah.

Bunda dapat memanfaatkan pompa listrik yang hemat waktu dan tenaga sebagai pilihan untuk memompa ASI saat berada di kantor.

Melahirkan bayi kembar

Kelahiran bayi kembar adalah situasi khusus. Kelahiran bayi kembar artinya Bunda harus menyediakan semua persediaan atau kebutuhan dua kali lipat dibanding kehamilan tunggal.

Hal ini termasuk pasokan ASI di rumah. Dengan tenaga listrik, pompa elektrik akan menghemat waktu dan tenaga Bunda dalam menyediakan pasokan ASI Si Kecil.

ASI melimpah

Beberapa Bunda memiliki ASI yang melimpah. Namun di sisi lain, ASI melimpah artinya Bunda juga perlu lebih sering memompa. Pompa elektrik akan membantu Bunda mengosongkan payudara dengan lebih efisien dan efektif.

Jenis Pompa ASI Elektrik

rekomendasi pompa asi manual

Pompa ASI elektrik memiliki jenis yang beragam. Sebelum membeli, ada beberapa pertimbangan yang perlu Bunda perhatikan, di antaranya:

Pompa ganda

Tipe pompa elektrik ganda dapat mengeluarkan ASI dari kedua payudara pada saat yang bersamaan, sehingga akan menghemat waktu. Payudara yang sering dipompa dikatakan akan lebih banyak menghasilkan produksi ASI.

Rakitan sederhana

Pilih pompa ASI elektrik sederhana yang mudah dirakit, dan dibersihkan serta disterilkan setelah digunakan. Model dengan pompa vakum yang lebih baik akan memudahkan menggenggam payudara untuk melancarkan mengisap ASI.

Kecepatan pompa ASI elektrik

Pilih pompa ASI elektrik yang dapat menghasilkan lebih banyak ASI dalam waktu yang lebih singkat. Kualitas yang baik akan mengubah kecepatan dengan satu sentuhan tombol.

Pompa ASI portable

Jika Bunda harus menyusui di luar rumah atau pergi kerja, pilih pompa ASI elektrik yang portable dan mudah dibawa.

Onderdil pengganti

Sebelum membeli, cari tahu apakah onderdil merek pompa elektrik yang mudah dicari penggantinya bila rusak. Hal ini membantu agar Bunda tidak perlu membeli pompa ASI yang baru.

Kekurangan Pompa ASI Elektrik

penyebab asi encer

Walau cukup efektif membantu Bunda dalam menyediakan pasokan ASI, pompa elektrik ASI memiliki kekurangan sebagai berikut:

  • Pumping elektrik ASI yang bagus termasuk mahal. Bunda perlu memikirkan betul apakah membeli pumping elektrik ASI yang bagus adalah kebutuhan yang harus diprioritaskan atau tidak.
  • Pompa elektrik termasuk berat dibandingkan pompa manual. Hal ini tentu merepotkan bagi Bunda yang bekerja di kantor atau sering bekerja yang sifatnya di lapangan.
  • Sumber tenaga yang berasal dari listrik membuat Bunda juga tergantung pada sumber listrik. Dan menjadi merepotkan saat payudara mulai penuh namun tidak memiliki akses listrik.
  • Kekurangan pompa listrik lainnya berupa suara mesin yang berisik yang tidak terdapat pada pompa manual, dan juga lebih susah dibersihkan dibanding pompa manual.
  • Pompa ASI elektrik dapat membuat lecet puting dengan tekananmemeras  yang terlalu kuat. Bunda dapat mengatur pada level terendah bila baru pertama kali menggunakan pompa elektrik agar tidak kaget.

Rekomendasi Pumping ASI Elektrik

rekomendasi pumping asi elektrik

Agar tidak salah memilih, berikut daftar rekomendasi pumping ASI elektrik yang bagus:

Spectra 9+ Breast Pump

Pompa ASI pertama adalah Spectra 9+ Breast Pump. Pompa ini bisa dibilang paling diminati. Bentuknya yang simple dan kecil memudahkan pompa ASI ini dibawa ke tempat kerja.

Haenim 7A Breastpump

Pompa ini sudah menggunakan teknologi tinggi karena bisa tersambung dengan aplikasi di ponsel melalui bluetooth. Aplikasi tersebut membantu untuk melihat lama waktu pompa dan menyimpan data statistik ASI yang Bunda pompa.

Malish Celia Breast Pump

Pompa ini memiliki 9 level hisapan yang bisa disesuaikan dengan kenyamanan.

Pigeon Breast Pump Pro

Kelebihannya adalah suku cadangnya mudah didapat. Jadi, jika ada salah satu bagian pompa ASI yang rusak, Bunda hanya perlu mengganti bagian yang rusak itu saja.

Philips Avent Single Electric Natural Breast Pump

Pompa ASI ini dilengkapi mode rangsangan lembut dan 3 pengaturan kecepatan untuk memompa ASI, sehingga bisa memompa ASI lebih cepat dan mudah.

Gabag Infinite Double Breast Pump

Sesuai namanya, Gabag Infinite Double Breastpump ini bisa memompa dua payudara langsung dalam satu waktu. Bunda juga bisa pumping tanpa ribet, tanpa sakit, tanpa berat, tanpa berisik, dan bisa di atur daya hisapnya.

Medela Mini Electric Breast Pump

Kelebihan dari produk Medela Mini Electric Breast Pump ini ada pada keawetan penggunaannya serta tahan banting.

Unimom Forte Electric Breast Pump

Ini adalah produk pompa ASI buatan Korea. Unimom Forte Electric Breast Pump menggunakan teknologi rhythmic suction atau mengikuti daya hisap seperti bayi menyusu langsung pada payudara. Bantalan pemijatnya berbahan silikon lembut yang membuat proses stimulasi keluarnya ASI terasa nyaman. 

Real Bubee Ganda Double Elektrik 8028

Harganya termasuk terjangkau dibandingkan dengan merek pompa elektrik  ASI lainnya.

Bila Bunda perhatkan, harga pumping ASI elektrik yang bagus terbilang mahal. Namun, secara manfaat memang memuaskan. Pertimbangkan betul alasan Bunda memilih sebuah produk pompa ASI eektrik  sebelum membeli untuk penggunaan jangka panjang.

Sumber:

What to Expect. 2021. Best Breast Pumps for Breastfeeding Moms.

Firstcry Parenting. 2019. Electric Breast Pumps – Pros, Cons and Tips to Use.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *