Hasil Testpack Negatif Tapi Belum Haid, Apa Penyebabnya?

Saat haid datang terlambat, Bunda mungkin langsung melakukan tes kehamilan tapi ternyata hasilnya negatif. Namun pada bulan selanjutnya, kok, Bunda belum haid juga, ya? Ini yang kemungkinan terjadi saat hasil tes menggunakan testpack negatif tapi belum haid.

Tes Kehamilan Menggunakan Testpack

tespek positif

Ada berbagai bentuk tes kehamilan yang dapat Bunda gunakan untuk memastikan Bunda hamil atau tidak. Tes kehamilan ini akan mendeteksi keberadaan hormon hCG (human chorionic gonadotropin) di tubuh Bunda, yaitu hormon yang terbentuk saat embrio melekat di rahim untuk proses implantasi. Dengan kata lain hormone yang terbentuk hanya saat hamil.

Tes kehamilan biasanya mendeteksi keberadaan hormon hCG lewat urine atau darah. Untuk testpack kehamilan yang dijual bebas, cara mendeteksinya adalah lewat urine. 

Untuk tes kehamilan menggunakan testpack disarankan dilakukan pada pagi hari ketika bangun tidur (buang air kecil pertama kali) karena jumlah hormon hCG di urine jumlahnya lebih banyak.

Testpack kehamilan yang memberi hasil negatif berarti alat tes kehamilan ini tidak mendeteksi keberadaan hormon hCG di urine Bunda. Apakah hasil tes kehamilan negatif sudah pasti Bunda tidak hamil? Belum tentu, karena ada berbagai faktor yang menyebabkan hormon hCG tidak terdeteksi di urine Bunda.

Jika merasa yakin Bunda hamil dengan kondisi hasil testpack negatif tapi belum haid, maka sebaiknya Bunda melakukan kembali tes kehamilan pada minggu-minggu berikutnya. Bisa juga Bunda memeriksakan diri ke dokter agar bisa dilakukan tes kehamilan lewat darah atau USG.

Penyebab Hasil Testpack Negatif tapi Belum Haid

tes kehamilan dengan gula

Saat Bunda sudah melakukan tes kehamilan dengan hasil testpack negatif tapi belum haid, maka ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kondisi tersebut, di antaranya adalah:

Jumlah hormon hCG masih sedikit

Jumlah hormon hCG di urine masih sangat sedikit sehingga tidak terdeteksi oleh testpack. Hal ini bisa terjadi saat Bunda melakukan tes kehamilan terlalu awal sehingga produksi hormon ini masih sangat sedikit.

Bunda bisa membaca berapa sensitivitas yang ditawarkan di tiap kemasan test pack. Test pack yang banyak dijual di pasaran kebanyakan memiliki sensitivitas 20 mIU, sehingga bila hasil test pack negatif berarti kadar hormon hCG di dalam tubuh Bunda belum mencapai kadar tersebut. Makin rendah nilai sensitivitas yang tertera, maka makin cepat kehamilan akan terdeteksi.

Penggunaannya yang tidak tepat 

Menurut para produsennya, hasil testpack untuk mendeteksi kehamilan itu 99 persen akurat jika digunakan sesuai instruksi. Karena itu, pastikan Bunda menggunakan testpack ini dengan tepat sesuai instruksinya agar hasil yang diberikan juga akurat. 

Kondisi testpack sudah rusak

Perhatikan dengan baik kondisi testpack sebelum menggunakannya untuk tes kehamilan. Testpack bisa memberikan hasil yang tidak akurat jika sudah kedaluwarsa atau rusak akibat disimpan di tempat dengan suhu tinggi (lebih dari 30 derajat Celsius). 

Bunda memang tidak hamil

Jika hasil testpack negatif tapi belum haid, maka bisa jadi ada masalah lain yang membuat Bunda belum haid. Misalnya saja, Bunda yang berharap untuk hamil akan sangat kecewa dan stres melihat hasil tes kehamilan yang negatif. Kondisi ini dapat membuat siklus haid menjadi terganggu.  

Bisa juga Bunda mengalami kondisi yang disebut amenorea, yaitu tidak terjadinya haid sampai tiga siklus berturut-turut. Kondisi ini terjadi akibat produksi hormon estrogen di indung telur menurun, di antaranya disebabkan oleh berat badan turun drastis, olahraga berlebihan, diet ekstrim, stress, gangguan pola tidur dan PCOS (Polycystic ovary syndrome). 

Selain itu, Bunda tidak hamil tapi haid datang terlambat karena kondisi berikut: 

  • Bunda sedang sakit.
  • Bunda kurang tidur.
  • Sedang banyak mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Biasanya haid akan terlambat selama beberapa hari dan kembali normal pada bulan selanjutnya.

Jika Bunda tetap tidak haid setelah 1-2 siklus dan tes kehamilan memastikan bahwa Bunda memang tidak hamil, maka sebaiknya Bunda memeriksakan diri ke dokter untuk mencari penyebabnya. Pemeriksaan lebih awal akan membantu Bunda mendapat penanganan penyebabnya lebih awal pula. 

Sumber:

Healthline Parenthood. 2016. Causes of a Negative Pregnancy Test with No Period

Medical News Today. 2020. Can you miss a period and not be pregnant?

Cleveland Clinic. 2021. Pregnancy Test

By dr. Fella Halimah Pratami, Sp.OG

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *