Bolehkah Ibu Menyusui Minum Promag?

Masalah gangguan lambung memang membutuhkan perhatian khusus. Apalagi untuk ibu menyusui. Bolehkah ibu menyusui minum promag atau obat maag? Adakah cara mengatasi keluhan lambung tanpa obat? Cek dulu penjelasan ini, Bun. 

Apa Itu Promag?

Promag adalah merk dagang dari obat maag atau obat lambung. Promag mengandung antasida, bahan yang umum digunakan untuk mengobati berbagai keluhan lambung. 

Antasida merupakan campuran dari magnesium, kalsium, asam alginat, dan simethicone.

Keluhan umum yang dirasakan penderita sakit lambung di antaranya:

  • Nyeri pada ulu hati
  • Mual dan ingin muntah
  • Mulas
  • Perih
  • Kembung
  • Muncul rasa panas yang menjalar dari perut ke kerongkongan.

Obat ini tersedia di apotek dan minimarket, dalam bentuk cair maupun tablet kunyah. Cara konsumsinya mudah, bisa sebelum atau sesudah makan, juga sebelum tidur. 

Manfaat Promag

Promag termasuk obat lambung yang sudah dikenal luas. Manfaatnya adalah dapat membantu menetralkan asam lambung yang meningkat. 

Efek penyembuhan yang diberikan pun cukup cepat. Setelah makan 1-2 tablet, lambung segera terasa lebih nyaman. Bunda bisa kembali melanjutkan aktivitas tanpa keluhan.

Untuk ibu menyusui, penggunaan obat-obatan memang perlu dicermati. Beberapa obat bisa memengaruhi kualitas ASI, sehingga perlu dikonsultasikan dulu dengan dokter. 

Menurut hasil penelitian, diketahui bahwa antasida relatif aman untuk ibu menyusui. Bahan ini tidak akan meresap ke dalam ASI, sehingga tidak berpengaruh pada bayi. 

Selain menetralkan asam lambung yang berlebih, Promag juga memberikan manfaat lain. Asam alginat di dalamnya dapat membentuk “sekat” antara lambung dan kerongkongan. Sehingga asam lambung yang naik tidak mengganggu fungsi kerongkongan.  

Meski demikian, Bunda perlu cermat dalam mengkonsumsi Promag. Biasanya obat-obat semacam ini tidak bisa dikonsumsi dalam waktu panjang. Dokter perlu melakukan pemeriksaan agar masalah lambung Bunda bisa teratasi. 

Tips Mengatasi Keluhan Lambung tanpa Obat

Ada baiknya Bunda juga mencoba untuk mengatasi keluhan lambung tanpa obat. Selain lebih sehat, Bunda juga tidak akan terus bergantung pada obat kimia.

Beberapa cara berikut bisa bermanfaat meredakan masalah lambung secara alami:

  • Madu

Madu sudah lama dimanfaatkan sebagai bahan obat tradisional. Madu diyakini dapat mengatasi masalah asam lambung dan meredakan heartburn

Tekstur madu yang halus juga dapat melapisi selaput lendir pada lambung dan kerongkongan.  

Madu juga baik untuk kesehatan karena kaya antioksidan. Bila dikonsumsi rutin,  dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas.

  • Rimpang kunyit

Kunyit juga termasuk obat tradisional untuk meringankan gangguan lambung. Kunyit mengandung polifenol, yaitu zat anti-peradangan yang membantu meredakan asam lambung.

Manfaat ini diakui secara medis, Bun. Jurnal International Journal of Molecular Sciences menunjukkan bahwa kunyit dapat mencegah peradangan lambung.

  • Jahe

Jahe juga sering dijadikan obat lambung. Umbi ini mengandung zat fenolik, yang bisa meredakan iritasi pada saluran cerna. Kontraksi otot lambung juga dapat diredakan dengan jahe.

Cara minumnya bisa direbus atau diparut dan diperas, lalu diminum. Tambahkan madu agar rasanya lebih enak.  

  • Daun kemangi

Bunda yang suka makan kemangi, ini adalah sebuah berita baik. Daun kemangi bersifat antibakteri, dan anti-peradangan. Selain itu, kemangi juga dapat mengurangi timbunan gas dalam lambung. 

Daun ini sebaiknya dimakan mentah, agar manfaatnya lebih terasa.

  • Lemon

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa lemon dapat membantu penderita sakit lambung. Ini disebabkan sifat lemon adalah basa, sehingga menetralkan asam yang dihasilkan lambung.

Selain itu, menurut jurnal ilmiah Digestive Diseases and Sciences, vitamin C dalam lemon bermanfaat untuk menyembuhkan peradangan lambung.

Untuk mencegah masalah lambung, Bunda bisa minum 1 sendok makan perasan lemon. Bila tidak bisa minum langsung, campurkan dalam segelas air hangat dan madu. 

  • Akar manis (licorice)

Banyak penelitian menunjukkan bahwa akar ini bersifat analgesik. Selain itu, bahan ini diyakini dapat meningkatkan sekresi lambung dan menekan menahan asam lambung.

Meski banyak obat alami Bun, perbaikan gaya hidup perlu dilakukan. Cobalah untuk menerapkan pola makan yang baik dan tidak berlebihan.

Hindari pemicu naiknya asam lambung, seperti makanan pedas, alkohol, dan kafein.

Satu hal ini juga perlu diingat: stres juga bisa menyebabkan asam lambung naik, Bun. Bukan hanya itu saja, kualitas ASI Bunda pun bisa ikut menurun karena stres. 

Coba lakukan relaksasi atau berolahraga yoga. Juga pengelolaan stres dengan menjalani hidup yang lebih tenang. 

Selamat mencoba, Bun!

Sumber:

Sehat Q. 2021. Obat Maag untuk Ibu Menyusui yang Aman Apa Saja?

Hello Sehat. 2021. Manfaatkan 8 Bahan Alami Ini Sebagai Obat Maag yang Aman.

Baby Center. Is it safe for a breastfeeding mom to take antacids?

By dr. Mutia Winanda, M.Gizi, Sp.GK

Dokter Spesialis Gizi Klinik & Konsultan Laktasi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *