10 Obat Jerawat Alami yang Aman untuk Ibu Hamil

Saat hamil, beberapa hormon wanita jadi meningkat, salah satunya adalah hormon androgen. Hormon androgen adalah hormon yang memproduksi minyak pada kulit. Saat hamil, hormon ini bisa sangat meningkat dan menyebabkan minyak berlebih sehingga pori-pori kulit jadi tertutup dan menimbulkan jerawat. Maka dari itu, tak heran jika ibu hamil jadi lebih rentan berjerawat dibandingkan sebelum hamil.

Sayangnya, saat hamil tidak semua obat jerawat aman untuk dipakai. Anda harus menghindari beberapa jenis pengawet seperti paraben dan kandungan kimia lainnya. Obat jerawat yang mengandung retinol, hidrokuinon, doksisiklin, spironolakton sebaiknya dihindari, baik berupa obat minum ataupun krim/gel. Beberapa jenis kandungan obat yang diperbolehkan pada kehamilan pada kandungan namun pada kadar level tertentu, sehingga pemakaiannya sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu seperti asam salisilat, benzoyl peroxide, eritromisin, azelaic acid, dan glycolic acid.

Sebagai opsi yang aman, Bunda bisa memakai obat jerawat alami yang baik dan aman untuk ibu hamil. Bahan-bahan ini mudah didapat di sekitar Bunda. Apa saja, sih?

Alternatif Obat Jerawat Alami Ibu Hamil

  1. Lidah Buaya

Obat jerawat untuk ibu hamil yang pertama adalah Aloe vera atau lidah buaya. Lidah buaya memiliki kandungan antibakteri dan antiinflamasi alami yang dapat mengurangi dan mencegah timbulnya jerawat. 

Lidah buaya juga mengandung banyak air dan merupakan pelembap yang sangat baik untuk kulit kering. Tidak semua orang yang berjerawat memiliki kulit berminyak. Jika kulit Bunda kering, tetapi berjerawat lidah buaya adalah bahan yang sangat disarankan. 

  1. Green Tea 

Kandungan polifenol dalam teh hijau dapat membantu melawan bakteri dan mengurangi peradangan yang merupakan dua penyebab utama jerawat. Penelitian menemukan bahwa mengoleskan ekstrak teh hijau ke kulit secara signifikan dapat mengurangi produksi sebum dan jerawat. 

Selain dijadikan masker, teh hijau juga bisa Bunda minum. Teh hijau berkhasiat menurunkan kadar gula darah yang juga merupakan salah satu faktor penyebab timbulnya jerawat. Jadi, Bunda bisa merawat kulit dari dalam maupun luar dengan teh hijau.

  1. Madu

Madu memiliki banyak khasiat penyembuhan, salah satunya untuk mengobati jerawat. Sifat antibakterinya dapat mengurangi jerawat yang meradang dan mengempeskannya. 

Oleskan madu dan biarkan di kulit selama 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Pemakaian masker madu secara rutin juga dipercaya bisa menyamarkan bekas jerawat yang menghitam dan membekas. 

  1. Cuka sari apel

Jika toner berbasis alkohol terlalu kuat untuk kulit Bunda, cuka sari apel bisa dijadikan pengganti. Cuka sari apel yang diencerkan berfungsi sebagai zat alami yang dapat membunuh bakteri pada permukaan kulit, sekaligus mengembalikan keseimbangan pH kulit. 

Bahan ini membantu memperkuat jaringan kulit, faktor utama untuk kulit yang sehat. Campurkan cuka sari apel dan air mineral dengan perbandingan 1:1 dan pakai sebagai basic toner sebelum menggunakan perawatan wajah lainnya.  

  1. Es batu

Bila jerawat Bunda kemerahan dan meradang, cobalah untuk mengompres wajah dengan es batu. Suhu dingin es batu dapat menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi kemerahan di area jerawat atau radang. 

Pastikan untuk tidak mengoleskan es langsung pada kulit Bunda untuk mencegah kulit iritasi. Sebagai gantinya, bungkus dengan handuk bersih dan oleskan perlahan pada area yang berjerawat. 

  1. Bawang putih

Bawang putih adalah obat alami yang punya banyak manfaat. Tak hanya bisa mengobati batuk dan flu, bawang putih juga bisa mengobati jerawat. Sifat antibakterinya mampu melawan bakteri penyebab jerawat dan mencegah jerawat datang lagi.

Bunda tinggal mengupas bawang putih dan menggosokkannya pada area yang bermasalah beberapa kali sehari. Jika kulit Anda sensitif, hancurkan bawang putih dan campur dengan air. 

  1. Timun

Timun juga memiliki khasiat sebagai antiinflamasi. Itulah sebabnya banyak orang menggunakan irisan timun untuk mengatasi mata bengkak. Sifat mentimun yang menyegarkan juga bisa mengurangi kemerahan karena peradangan. Bunda bisa membuat masker wajah mentimun dan menggunakannya secara teratur untuk menghilangkan jerawat secara cepat. 

  1. Kunyit

Kunyit mengandung senyawa kuat yang disebut kurkuminoid. Bahan aktifnya dikenal sebagai curcumin. Curcumin dikenal sebagai antioksidan dengan sifat melawan penyakit dan kanker. Curcumin juga merupakan anti inflamasi alami yang dapat membantu tubuh melawan peradangan yang disebabkan oleh infeksi dan penyakit. 

Kurkuminoid, mampu secara efektif melawan penyebab peradangan kulit yang dapat mengurangi penumpukan minyak hingga bakteri di permukaan kulit. Menggunakan masker kunyit secara teratur juga bisa mencegah jerawat untuk muncul kembali ke kulit. 

  1. Pepaya

Ternyata, buah pepaya juga ampuh melawan bakteri penyebab jerawat, lho. Kandungan likopennya mampu melawan radikal bebas dan kandungan enzimnya (chymopapain dan papain) dapat melawan kuman dan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, kandungan di dalamnya juga secara khusus membersihkan pori-pori sehingga meminimalkan masalah pada kulit. 

Lalu, kandungan protein dan vitamin B dan C pada pepaya sangat baik melawan perkembangan jerawat, tetapi tidak menghilangkan minyak alami yang diproduksi kulit. Nilai plus-nya, kulit jadi lebih kenyal dan awet muda. Kandungan beta-karotennya pun membantu memproduksi sel-sel baru untuk kulit Bunda. 

  1. Minyak kelapa

Bila kebanyakan bahan yang telah disebutkan di atas cocok dijadikan masker, bahan yang satu ini bisa dijadikan opsi pelembap alami untuk kulit berjerawat. Minyak kelapa punya sifat antijamur dan antibakteri yang cocok memerangi bakteri penyebab jerawat. Kulit Bunda akan terasa lembap tanpa membuat kulit makin berminyak. 

Itu dia sepuluh obat jerawat alami yang bisa Bunda coba di rumah. Anda bisa menjadikan cuka apel sebagai toner dan minyak kelapa sebagai pelembap alami. Selain itu, jangan lupa untuk rajin mengeksfoliasi kulit dan menjaga kelembapan dengan rutin memakai masker alami. Selamat mencobanya di rumah! 

Sumber:

Vitagene. 2022. 7 Ways to use Turmeric for Acne

Lifehack. 10 Natural Home Remedies to Get Rid of Acne Fast (No More Acne Scars!)

Vogue. 2020. 10 simple and natural ways to deal with acne at home

Everyday Health. 2020. 7 Easy Home Remedies for Acne

Healthline. 2021. 13 Powerful Home Remedies for Acne

Medical News Today. 2018. Fifteen home remedies for acne

By dr. Fella Halimah Pratami, Sp.OG

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *