3 Obat Alami Mengatasi Gusi Bengkak pada Anak

Memelihara kesehatan mulut dan gigi anak merupakan tanggung jawab orangtua. Pasalnya jika mulut dan gigi tidak terawat, anak bisa mengalami sakit gigi hingga gusi bengkak.

Kondisi gusi bengkak pada anak merupakan salah satu gejala yang paling sering timbul. Jangan remehkan gusi bengkak pada anak ya, Bunda. Gusi anak yang bengkak bisa bernanah jika tidak segera diobati. Lalu, apa penyebab gusi bengkak pada anak? Simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab Gusi Bengkak pada Anak

Gusi anak bengkak bisa disebabkan oleh berbagai hal. Penyebab gusi anak bengkak pada usia bayi dan balita bisa disebabkan oleh hal yang berbeda, lho Bunda.

 ● Fase teething

Bayi yang baru mulai memasuki fase tumbuh gigi, biasanya sering menggigit berbagai macam benda di sekitarnya. Mereka umumnya merasakan rasa gatal dan tidak nyaman pada gusinya. Gigi yang akan tumbuh keluar wajar membuat gusi anak bengkak.

Meski terlihat normal, Bunda perlu memperhatikan benda yang akan digigit oleh bayi. Rasa gatal akibat tumbuh gigi memicu bayi untuk selalu menggigit barang-barang. Menggigit benda terlalu keras juga akan menyebabkan gusi bayi luka dan bengkak. 

● Kebersihan mulut dan gigi yang tidak terjaga 

Jika anak sudah mulai mengkonsumsi makanan padat, Bunda juga perlu menaruh perhatian lebih terhadap kebersihan gigi anak. 

Gigi yang tidak disikat bersih dapat menyebabkan berkembangnya bakteri yang dapat menyebabkan gusi menjadi iritasi dan bengkak. 

● Gingivitis

Gingivitis adalah awal gejala dari radang gusi. Gingivitis disebabkan karena berkembangnya plak dan tartar yang terletak antara gigi dan gusi. Kondisi ini menyebabkan inflamasi atau peradangan pada gusi dan menyebabkan gusi anak bengkak.

● Kurang nutrisi

Kurang nutrisi atau pola makan yang tidak sehat dapat menjadi salah satu penyebab gusi anak bengkak. Kurangi konsumsi junk food hingga kafein dan soda.

Obat Alami Mengatasi Gusi Bengkak pada Anak

Tenang Bunda, jika Bunda melihat adanya tanda gusi bengkak pada anak, Bunda bisa mencoba mengobatinya sendiri dengan bahan-bahan yang ada di rumah berikut ini.

Kumur dengan air garam

Air garam dapat dijadikan sebagai antiseptik untuk mematikan kuman dan bakteri dalam mulut. Bunda bisa mencampurkan ½ sdt garam dengan segelas air. Minta si kecil berkumur beberapa kali. Namun, cara ini hanya direkomendasikan untuk usia balita ke atas yang sudah dapat berkumur sendiri. 

Kompres dengan es batu

Cara mengatasi gusi bengkak pada anak lainnya adalah dengan mengompresnya dengan es batu. Es batu yang dingin dapat membantu menghentikan nyeri pada saraf dan membuat gusi tidak terlalu sakit.

Bunda bisa membungkus beberapa es batu ke dalam kain lalu mengompresnya pada area gusi yang bengkak. Untuk gusi bayi yang bengkak karena teething, Bunda bisa mengganti es batu dengan es krim buah buatan rumah untuk digigit sekaligus dikonsumsi bayi.

Cara Mencegah Gusi Bengkak pada Anak

Sebelum terjadinya gusi bengkak pada anak, Bunda bisa mencegahnya dengan beberapa treatment di rumah.

 ● Pastikan anak menyikat giginya dengan bersih minimal dua kali sehari. Bunda bisa ikut membantu anak menyikat giginya untuk memastikan tidak ada lagi sisa makanan di mulut.

 ● Menggunakan dental floss juga dapat membantu mengeluarkan sisa makanan yang tersangkut di sela gigi.

● Pastikan anak berkumur dan sikat gigi setelah makan makanan manis untuk mencegah menumpuknya plak pada gigi.

 ● Pastikan anak cukup minum air putih setelah makan.

● Konsumsi makanan bernutrisi seperti sayur dan buah-buahan setiap hari.

Beberapa cara di atas dapat dilakukan sebagai pertolongan pertama jika gusi anak bengkak. Namun, Bunda perlu segera membuat jadwal ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan tuntas. Jangan remehkan sakit gusi pada anak ya, Bunda.

Sumber:

iSmile Kids Dentistry. What to to for a child with swollen gums

 Little Teeth. Toddlers and swollen gums: What it means

Kool Smiles. Cure your child’s swollen gums

Kids Health. 2021. Taking care of your teeth

By dr. Fatimah Hidayati, Sp.A

Dokter Spesialis Anak

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *