8 Barang yang Tidak Perlu Dibeli untuk Bayi Baru Lahir

perlengkapan bayi baru lahir

Menjelang kehadiran sang buah hati, tentunya Bunda menjadi lebih detail dan ingin memastikan semua kebutuhannya telah siap sebelum waktu melahirkan tiba.

Kini banyak sekali barang-barang kebutuhan bayi baru lahir yang menarik dan membuat Bunda ingin memiliki semuanya. Eits, tunggu sebentar Bunda. Belum tentu semua barang-barang ini diperlukan atau terpakai lama untuk bayi baru lahir.

Apa saja kira-kira barang yang sebenarnya tidak perlu dibeli untuk bayi baru lahir? Ini dia daftarnya.

BACA: Kapan Sebaiknya Belanja Perlengkapan Bayi?

Barang yang Tidak Perlu Dibeli untuk Bayi Baru Lahir

Dari sekian banyak barang tentang bayi, berikut ini adalah beberapa jenis barang yang tak terlalu penting untuk bayi baru lahir. 

Sepatu bayi

Sepatu bayi merupakan salah satu barang yang tidak perlu dibeli untuk bayi baru lahir. Ini dikarenakan bayi baru lahir masih belum bisa berjalan. Sepatu bayi hanya dapat menjadi ornamen untuk gaya yang lucu namun kurang fungsional.

Selain itu, bayi yang baru lahir sangat cepat bertumbuh besar. Membeli sepatu bayi hanya akan terpakai beberapa kali dan mubazir.

Termometer air

Bayi yang baru lahir dianjurkan untuk mandi dengan air hangat. Kini banyak dijual termometer air untuk mengukur kehangatan air mandi bayi. Namun sebenarnya alat ini tidak terlalu berguna.

Bunda bisa menggunakan sikut untuk mengecek kehangatan air untuk mandi bayi. Pastikan air tidak terlalu panas atau tidak terlalu dingin.

Baby cologne

Pewangi badan anak yang satu ini banyak digunakan untuk membuat anak menjadi wangi. Namun sesungguhnya baby cologne tidak terlalu dibutuhkan karena pada dasarnya bayi sendiri sudah memiliki wangi yang khas dan menyenangkan untuk dicium.

Bedak bayi

Salah satu barang yang tidak perlu dibeli untuk bayi baru lahir adalah bedak bayi. Bedak bayi dengan partikel yang kecil sangat mudah terhirup oleh bayi. Bedak yang terhirup bayi dapat menjadi masalah pernapasan ke depannya.

Changing table

Changing table merupakan meja drawer yang didesain khusus dengan tambahan alas di atasnya untuk mengganti popok bayi. Barang ini termasuk besar dan tidak dapat digunakan bayi untuk jangka waktu yang lama.

Bayi akan semakin besar dan tidak lagi muat di changing table. Selain itu, changing table juga termasuk mahal dan cukup memakan tempat dalam kamar. Bunda bisa mempertimbangkan kembali untuk membeli barang ini.

Baby food processor

Kini banyak dijual baby food processor dalam satu unit yang dapat mengukus, memblender, dan merebus sekaligus. Meski terkesan praktis, tetapi sesungguhnya Bunda bisa menggunakan panci atau peralatan memasak yang umumnya sudah tersedia di rumah.

Membeli baby food processor hanya akan menambah perabotan rumah dan menambah pengeluaran. Bunda bisa mengukus menggunakan kukusan yang sudah ada dan menghaluskan makanan dengan blender yang tersedia di rumah.

Diaper bag

Satu lagi barang yang tidak perlu dibeli untuk bayi baru lahir adalah tas khusus menaruh perlengkapan bayi seperti diaper bag. Diaper bag banyak diminati karena memiliki banyak kantong dan ritsleting, serta bermuatan besar.

Kini banyak dijual diaper bag dengan harga yang mahal dengan berbagai merek terkenal. Bunda bisa menghemat pengeluaran dengan menggunakan tas biasa dengan model banyak kantong di dalamnya. Pada dasarnya tas apa saja dapat digunakan untuk membawa perlengkapan bayi, tidak harus menggunakan diaper bag khusus.

Bantal menyusui

Bantal menyusui merupakan salah satu barang yang tidak perlu dibeli untuk bayi baru lahir. Pasalnya, bantal menyusui didesain untuk membuat tangan Bunda nyaman saat menopang bayi ketika menyusui.

Bunda bisa menggantinya dengan bantal, guling, atau bantal sofa yang ada di rumah.

Itu dia beberapa benda yang tidak perlu dibeli untuk bayi baru lahir. Bunda bisa mempertimbangkan kembali barang-barang di atas sebelum membelinya. Semoga artikel ini bisa dijadikan referensi bagi Bunda yang sedang bingung membeli kebutuhan bayi. 

BACA: List Perlengkapan Bayi Baru Lahir Ini Wajib Dipersiapkan

Sumber:

U.S News. 2011. 10 Baby Products You Should Never Buy

Mother Rising. 2019. 25 Baby Items You Don’t Need to Buy

We Have Kids. 2022. 21 Things You Don’t Need for a Newborn Baby

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *