6 Barang yang Wajib Dibawa saat Bunda Keluar Rumah Bersama Bayi

Untuk orangtua baru, bepergian bersama bayi masih menimbulkan kecemasan dan kekhawatiran tersendiri. Karena kekhawatiran tersebut, banyak orang tua yang membawa berbagai macam barang sehingga akhirnya kerepotan sendiri setiap bepergian bersama bayi. Apakah Bunda salah satunya?

BACA: 8 Barang yang Tidak Perlu Dibeli untuk Bayi Baru Lahir

Kami akan membantu me-list satu per satu barang yang wajib dibawa saat bepergian bersama bayi. Tak perlu bawa satu rumah saat pergi keluar, cukup barang-barang esensial ini saja, ya.

  • Botol susu 

Jika Bunda hendak membawa keluar bayi di bawah 6 bulan, botol susu adalah barang wajib yang tidak boleh dilupakan. Hal ini berlaku khususnya untuk bayi yang minum susu formula. Untuk ibu yang direct breastfeeding (DBF), Bunda juga bisa membawa ASIP yang ditaruh dalam botol jika tidak nyaman menyusui di tempat umum. 

Pastikan Bunda membawa 2 botol atau lebih botol susu beserta susu formula atau ASIP cadangan. Pastikan ASIP cadangan sudah dicairkan sebelumnya (misalkan disimpan dalam keadaan beku). Hal ini supaya mempermudah Bunda agar tidak perlu mencari penghangat ASI lagi.

  • Nursing cover

Untuk bayi DBF, tak semua bayi suka minum ASI dari botol. Jika keadaannya seperti ini, artinya Bunda harus menyiapkan nursing cover dalam diaper bag. Nursing cover membantu Bunda untuk bisa menyusui di mana pun, terutama jika tempat yang dituju tidak memiliki ruang khusus menyusui.

  • Baju ganti dan popok

Benda wajib lain yang perlu dibawa saat bepergian bersama bayi adalah baju ganti dan popok. Usahakan membawa beberapa pasang baju ganti serta popok, terutama untuk bayi yang belum belajar toilet training. Jangan lupa juga untuk membawa tissue basah dan kering ya, Bun! 

  • Snack atau makanan untuk bayi yang sudah MPASI

Jika bayi Bunda sudah memasuki masa MPASI artinya Bunda juga tak boleh lupa menyiapkan makanan atau minimal snack. Jika Bunda hendak bepergian cukup jauh dan dalam waktu yang lama, siapkan makanan. Jika hanya sebentar atau pergi ke jarak yang dekat, siapkanlah camilan.

Jika belum pasti akan pergi sebentar atau lama, Bunda bisa menyiapkan camilan berat seperti buah pisang, alpukat, roti, atau perkedel kentang. 

  • Stroller atau gendongan

Untuk mempermudah Bunda saat bepergian dengan bayi, pertimbangkan untuk membawa stroller atau gendongan. Keduanya tak perlu dibawa bersamaan, Bunda bisa memilih mana yang paling pas untuk tempat yang akan Bunda datangi. Masing-masing item ini punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Stroller lebih memudahkan Bunda saat pergi ke mal. Bayi bisa tidur dengan nyenyak di stroller sambil Bunda melakukan window shopping. Selain itu, Bunda juga bisa menaruh diaper bag di stroller basket  tanpa perlu repot membawanya. Sayangnya, stroller tidak praktis. Saat anak rewel, Bunda tetap harus menggendongnya sambil mendorong stroller. Selain itu, ukurannya yang besar juga mungkin butuh usaha lebih saat memasukkannya ke dalam bagasi mobil.

Di sisi lain, gendongan jauh lebih praktis. Bunda tak perlu mencari dan menunggu lift, serta bisa masuk melihat-lihat ke toko dengan lorong yang sempit sekalipun. Selain itu, anak juga akan tidur dengan aman di pelukan Bunda sembari Bunda memilih-milih barang di supermarket. Namun, saat hendak buang air kecil, hanya membawa gendongan saja cukup merepotkan. Bunda pun perlu membawa bayi dan diaper bag bersamaan. Selain berat, mungkin menggendong terus menerus juga akan melelahkan. 

  • Surface sanitizer

Meski saat ini sudah memasuki masa endemi, protokol kesehatan tetap perlu Bunda jalani. Bila membawa bayi ke tempat umum, pastikan Bunda membawa surface sanitizer untuk menyemprot area-area yang sekiranya akan bayi datangi. Semprotan ini juga berguna untuk menyemprot sofa, tempat ganti popok di nursing room, dan sebagainya. 

Tips Bepergian Bersama Bayi

Selain barang-barang yang wajib dibawa, Bunda juga perlu memerhatikan beberapa hal berikut ini. 

  • Pastikan Bunda sudah memberi si kecil susu atau makanan sebelum pergi. Perut yang kenyang akan membuat si kecil lebih tenang dan tidak rewel.
  • Usahakan pergi mengikuti schedule tidur bayi. Hal ini untuk menghindari si kecil rewel saat di jalan.
  • Hindari bepergian seharian penuh. Bayi juga bisa merasa lelah dan tetap lebih nyaman beristirahat di rumah sendiri.
  • Pakaikan baju bayi sesuai dengan tempat yang Bunda datangi. Jangan sampai si kecil malah kedinginan atau kepanasan. 

Itu tadi tips dari kami yang bisa Bunda ikuti. Namun, setiap bayi tentu saja punya kebiasaan yang berbeda-beda. Sebagai ibunya, Bunda mungkin yang paling mengerti kebiasaan bayi. Jika ini pertama kalinya mencoba pergi keluar bersama bayi, nikmati saja setiap momen yang terjadi. 

BACA: Ini 10 Barang Wajib Dimiliki Ibu Hamil

Sumber:

Healthline. 2019. 15 Practical Tips That Make Leaving the House Feel Less Like an Olympic Sport

Pregnancy Birth & Baby. Getting out of the house with your new baby

Ergo Baby. 11 Parenting Hacks To Make Leaving the House With Baby So Much Easier

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *