Tips Masak Anti Ribet Untuk Persiapan Sahur Bunda dan Keluarga!

Meski tengah hamil, tentu ada masanya Bunda juga ingin mempersiapkan santapan sahur dan berbuka untuk keluarga. Sayangnya, rasa lelah yang kerap datang dan waktu persiapan yang terbatas seringkali menjadi tantangan yang cukup besar untuk Bunda bisa mempersiapkan sahur untuk orang-orang tersayang.

Tak perlu khawatir, ada tips dan trik spesial masak anti ribet untuk persiapan sahur dan berbuka selama bulan Ramadhan. Lihat daftarnya di bawah ini, yuk!

Tips Masak Sahur dengan Cepat

  1. Buat meal plan

Meal plan adalah daftar masakan yang akan dibuat ke depannya, lengkap dengan pertimbangan gizi seimbang dan jadwal pembuatannya. Bunda bisa mulai dengan membuat meal plan sederhana untuk sahur dan buka puasa selama satu minggu ke depan.

Selain lebih tertata, membuat meal plan akan mempermudah Bunda saat belanja bahan masakan. Bunda juga bisa berhemat dengan memadupadankan bahan masakan dalam meal plan satu minggu tersebut.

  1. Lakukan meal preparation

Setelah rencana santapan sudah siap dan semua bahan masakan sudah dibeli, Bunda bisa coba lakukan meal preparation. Sesuai namanya, meal preparation atau yang biasa disingkat menjadi meal prep adalah kegiatan mempersiapkan masakan terlebih dahulu dalam satu hari.

Biasanya, makanan yang sudah jadi ini akan dikemas dalam wadah kedap udara dan disimpan dalam freezer. Jadi lebih mudah, karena Bunda hanya perlu memanaskan makanan tersebut saat akan dikonsumsi nanti. Trik ini kerap dipakai oleh para Bunda yang tak punya cukup waktu untuk mempersiapkan sarapan, bisa juga Bunda gunakan untuk persiapan sahur.

  1. Masak dengan porsi kecil

Agar tak memakan banyak waktu, pastikan untuk membuat makanan dengan porsi yang tak terlalu besar, namun cukup untuk semua anggota keluarga. Selain bisa mempercepat proses persiapan masakan, Bunda juga bisa menjaga kesehatan keluarga. Pasalnya, makan terlalu banyak saat sahur justru bisa memicu masalah kesehatan, seperti diantaranya adalah gangguan pencernaan.

  1. Kreasikan menu masakan yang mudah dibuat

Jangka waktu persiapan sahur di bulan Ramadhan biasanya sangat singkat, karena itu penting juga untuk memilih menu masakan yang mudah dibuat. Hindari membuat masakan yang rumit dilakukan pada dini hari, seperti rendang, rawon, atau bahkan gudeg.

  1. Siapkan bumbu siap pakai

Memasak dengan bumbu segar tentu merupakan pilihan yang lebih ideal, namun ada kalanya bumbu siap pakai (condiment) seperti saus untuk marinasi bisa menjadi penyelamat untuk persiapan masakan yang lebih cepat.

Jika kelak Bunda berada di situasi yang terburu waktu, maka simpanan bumbu instan yang telah disiapkan akan sangat membantu. Masak jadi lebih cepat, sahur pun jadi tidak terlambat. Bunda juga bisa menggunakan KEWPIE Salad Dressing dengan Wijen Sangrai sebagai bumbu marinasi. 

klik gambar

Ingin tahu lebih banyak kreasi masakan mudah dan lezat dari KEWPIE? Bunda bisa klik di sini atau klik gambar di atas. Produk-produk KEWPIE yang mengandung telur, menggunakan telur yang sudah dipasteurisasi sehingga bebas bakteri dan aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *