4 Obat Flu untuk Ibu Hamil yang Aman dan Ampuh

obat flu untuk ibu hamil, diary bunda

Obat flu untuk ibu hamil harus dipilih dengan memperhatikan kandungannya. Kalau sedang flu dan gejalanya sampai mengganggu istirahat, Bunda bisa mengonsumsi obat flu untuk ibu hamil yang aman tetapi juga ampuh untuk mengatasi berbagai gejala flu, seperti pilek, hidung tersumbat, nyeri otot, dan sakit kepala.

Obat Flu untuk Ibu Hamil dan Cara Kerjanya

Flu adalah penyakit infeksi virus yang memang bisa menyerang siapa saja. Namun, ibu hamil lebih rentan terkena flu karena daya tahan tubuhnya cenderung lebih lemah. Flu sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya, karena virus penyebab flu dapat dimusnahkan oleh sistem imunitas tubuh.

Nah, obat flu untuk ibu hamil diperlukan untuk meredakan berbagai gejala yang muncul saat flu, agar Bunda merasa lebih nyaman dan bisa beristirahat yang cukup. Dengan begitu, imunitas tubuh Bunda bisa lebih kuat dan pemulihan flu juga akan lebih cepat.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi obat flu untuk ibu hamil yang aman bagi janin dan kandungan, serta ampuh untuk meredakan berbagai gejala flu:

1. Paracetamol Errita

Paracetamol Errita adalah obat untuk meredakan gejala flu berupa sakit kepala, nyeri otot, dan demam. Obat flu untuk ibu hamil ini mengandung paracetamol yang bekerja dengan cara menghambat signal nyeri di otak, sehingga rasa sakit yang Bunda rasakan akan berkurang. Selain itu, obat ini juga dapat menurunkan demam saat flu.

Meski aman bagi ibu hamil dan janin, konsumsilah obat sesuai dosis yang dianjurkan ya, Bunda, yaitu 1–2 tablet dalam sekali minum, dan hanya diminum saat Bunda merasa nyeri atau demam. Obat ini bisa diminum hingga 3–4 kali sehari.

2. Acetylcysteine Hexpharm

Saat flu, gejala yang umum terjadi adalah pilek dan batuk dengan dahak. Nah, Acetylcysteine Hexpharm, yang isinya adalah acetylcysteine, dapat menjadi pilihan obat flu untuk ibu hamil dengan keluhan tersebut.

Obat ini bekerja dengan cara mengencerkan lendir atau dahak di saluran pernapasan. Dengan begitu, gejala pilek dan batuk berdahak karena flu bisa reda, Bunda juga dapat bernapas lebih lega.

Obat ini harus dibeli dengan resep dokter. Apabila memerlukan obat ini, Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter lewat aplikasi Diary Bunda untuk mendapatkan resepnya. Jadi, Bunda tidak perlu repot keluar rumah dan mengantre lama untuk berkonsultasi dengan dokter.

3. Vaporin

Vaporin adalah obat flu yang cukup unik karena digunakan dengan cara dihirup. Di dalamnya, ada gabungan bahan alami dan obat, yakni minyak eucalyptus, minyak kayu putih, minyak cengkeh, dan minyak peppermint yang dilengkapi dengan metil salisilat.

Nah, gabungan berbagai kandungan ini bisa mengurangi gejala hidung tersumbat saat Bunda mengalami flu. Namun, bukan dengan cara diminum ya.

Bunda bisa memakai obat ini dengan menggunting ujung kapsul lunaknya, lalu teteskan cairan di dalamnya ke air hangat atau sapu tangan. Kemudian, hiruplah uapnya. Bunda bisa menggunakan obat flu ini sebanyak 1–2 kapsul sekali pakai dan pemakaiannya boleh hingga  2–3 kali sehari.

4. Cetirizine Indofarma

Kandungan cetirizine dihydrochloride dalam obat Cetirizine Indofarma dapat meredakan gejala flu, seperti bersin, hidung gatal, dan mata berair, karena efek antihistamin dari obat ini.

Bahkan, obat flu untuk ibu hamil ini juga bisa mengurangi mual, muntah, dan insomnia yang mungkin sering mengganggu kenyamanan Bunda lho.

Jangan khawatir, obat ini aman kok untuk Bunda minum, asalkan dipantau oleh dokter. Namun, ibu hamil biasanya hanya boleh meminum obat ini dalam waktu singkat, yakni sekitar 1 atau 2 minggu saja.

Nah, jadi Bunda harus punya resep dari dokter ya sebelum membeli obat ini ya, agar takarannya benar-benar sesuai dengan kondisi Bunda.

Agar Bunda bisa lebih cepat sembuh dari flu, pastikan Bunda cukup makan, cukup minum, dan cukup istirahat ya. Konsumsilah makanan bergizi karena nutrisinya dapat membantu pemulihan.

Jika gejala tidak juga reda setelah 3–5 hari meski Bunda sudah mengonsumsi obat flu untuk ibu hamil dan melakukan perawatan di rumah, periksakanlah diri ke dokter agar penyebabnya bisa diketahui dan diberikan penanganan yang sesuai. Selain itu, Bunda juga bisa mendapatkan obat yang aman untuk janin.

Sumber:

National Library of Medicine. Medline Plus (2021). Medical Encyclopedia. Methyl Salicylate Overdose.

Centers for Disease Control and Prevention. (2022). Influenza (Flu). Guidance: Antiviral and Obstetric Health Care.

Mayo Clinic Health System. (2022). Speaking of Health. Fight Off the Flu With Immune-Boosting Nutrients.

National Health Service. (2022). Medicines A to Z. Pregnancy, Breastfeeding and Fertility While Taking Paracetamol for Adults.

Drugs. (2023). Paracetamol.

Drugs. (2021). Cetirizine.

More, D. Verywell Health (2023). Allergies. Safety of Antihistamines During Pregnancy.

Cleveland Clinic. (2022). Diseases & Conditions. Flu While Pregnant.

WebMD. Drugs & Medications. Acetylcysteine 100 Mg/Ml (10%) Solution – Uses, Side Effects, and More.

WebMD. Drugs & Medications. Multivitamins – Uses, Side Effects, and More.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *