4 Buah yang Dilarang untuk Ibu Hamil

buah yang dilarang untuk ibu hamil, diary bunda

Buah yang dilarang untuk ibu hamil diduga bisa menyebabkan gangguan kehamilan. Padahal, sebagian besar jenis buah-buahan termasuk dalam makanan sehat yang dibutuhkan Bunda dan janin. Nah, daripada was-was, yuk ketahui buah apa saja yang tidak disarankan untuk Bunda konsumsi selama hamil.

Berbagai Buah yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Selama masa kehamilan, kebutuhan berbagai nutrisi, seperti vitamin, mineral, karbohidrat, dan protein, harus selalu terpenuhi agar Bunda dan janin senantiasa sehat. Buah-buahan adalah salah satu makanan sehat yang bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut.

Meski begitu, ada beberapa jenis buah yang dilarang untuk ibu hamil karena kandungannya diduga dapat membahayakan kehamilan. Buah-buahan tersebut adalah:

1. Nanas

Banyak yang percaya kalau makan nanas saat hamil bisa menyebabkan keguguran. Ini berkaitan dengan kandungan enzim bromelain dalam nanas yang dapat memicu kontraksi rahim, sehingga berisiko menyebabkan keguguran.

Namun jika buah ini dikonsumsi dalam porsi yang sesuai, kadar enzim bromelain dalam nanas sebenarnya cukup rendah lho, Bun, sehingga kemungkinan besar tidak akan membahayakan kehamilan.

Meski begitu, makan nanas saat hamil harus tetap dalam jumlah yang wajar. Selain karena ada enzim bromelain, nanas juga mengandung asam yang cukup tinggi. Jika dikonsumsi terlalu banyak, zat asam ini dapat menyebabkan asam lambung, sehingga bisa menimbulkan sakit perut atau nyeri ulu hati.

2. Durian

Durian juga diyakini sebagai salah satu buah yang dilarang untuk ibu hamil. Banyak yang percaya kalau makan durian saat hamil bisa memicu masalah pada kehamilan, seperti perdarahan, keguguran, hingga cacat lahir.

Padahal, makan durian saat hamil sebenarnya aman-aman saja kok, Bun. Tapi, konsumsi durian memang tetap harus dibatasi karena durian mengandung gula dan karbohidrat yang cukup tinggi.

Bagi ibu hamil yang menderita diabetes atau tekanan darah tinggi (hipertensi), durian juga tidak disarankan untuk dikonsumsi. Ini karena konsumsi durian bisa memperparah kondisi tersebut.

3. Pepaya muda

Bunda mungkin sering mendengar kalau pepaya muda termasuk dalam buah yang dilarang untuk ibu hamil. Faktanya, hal ini memang benar lho, Bun.

Pepaya muda yang kulitnya masih berwarna hijau mengandung lateks dan papain yang tinggi. Kedua kandungan tersebut bisa berisiko membuat rahim berkontraksi, sehingga menyebabkan persalinan prematur atau bahkan keguguran. Selain itu, lateks juga bisa memicu reaksi alergi jika Bunda memiliki alergi terhadap kandungan tersebut.

Namun, berbeda dengan pepaya muda, pepaya matang yang memiliki kulit berwarna kuning atau oranye justru bagus untuk ibu hamil lho, Bun. Pepaya matang mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi kehamilan, seperti vitamin A, vitamin C, asam folat, dan serat.

Oleh karena itu, apabila Bunda ingin makan pepaya saat hamil, pastikan bahwa pepaya sudah matang dan telah dicuci bersih.

4. Nangka

Nangka dipercaya bisa mengakibatkan keguguran, sehingga sering dianggap termasuk buah yang dilarang untuk ibu hamil. Banyak yang bilang kalau nangka merupakan buah yang bisa bikin perut panas, jadi bisa membahayakan janin jika dikonsumsi saat hamil.

Namun, faktanya, makan nangka saat hamil boleh-boleh saja kok, Bun. Nangka justru mengandung nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, protein, dan mineral, yang bisa menjaga daya tahan tubuh Bunda tetap kuat selama hamil.

Meski demikian, konsumsi nangka tetap harus dibatas, apalagi bagi ibu hamil yang menderita diabetes. Ini karena nangka mengandung karbohidrat dan gula yang tinggi dengan serat rendah, sehingga dapat meningkatkan kadar gula darah jika dikonsumsi secara berlebihan.

Itulah beberapa jenis buah yang dilarang untuk ibu hamil dan perlu Bunda batasi konsumsinya. Selain buah-buahan di atas, masih banyak kok pilihan buah lain yang bisa Bunda konsumsi tanpa perlu merasa was-was akan keamanannya. Buah-buahan tersebut misalnya apel, jeruk, alpukat, jambu, pir, dan pisang.

Sebelum mengonsumsinya, Bunda harus memastikan bahwa buah sudah dalam kondisi matang. Bunda juga perlu membersihkan buah sebelum mengonsumsinya, sebab kuman atau pestisida mungkin masih menempel pada kulit buah yang belum dicuci.

Selain itu, apabila Bunda menderita kondisi tertentu, seperti diabetes atau hipertensi, konsultasikan ke dokter guna memastikan buah apa saja yang aman untuk Bunda konsumsi selama hamil.

Sumber:

Healthline (2023). 7 Nutritious Fruits You’ll Want to Eat During Pregnancy.

Healthline (2019). Can People with Diabetes Eat Jackfruit?

Healthline (2018). Is It Safe to Eat Papaya While Pregnant?

Healthline (2018). Should You Avoid Pineapple During Pregnancy?

Verywell Family (2022). Can I Eat Papaya While Pregnant?

Verywell Fit (2022). Durian Nutrition Facts and Health Benefits.

WebMD (2023). Does Pineapple Induce Labor?

WebMD (2023). Durian – Uses, Side Effects, and More.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *