Cara Menjaga Kadar Hb Normal Ibu Hamil yang Efektif Melancarkan Kehamilan

Kadar Hb Normal Ibu Hamil, diary bunda

Kadar Hb normal ibu hamil penting dijaga karena mampu melancarkan penyerapan nutrisi pada tubuh janin. Kadar Hb yang rendah bisa menyebabkan anemia yang akan menghambat tumbuh kembang janin. Ada cara yang bisa Bunda lakukan untuk mengatasinya, salah satunya makan makanan bernutrisi.

Hb atau hemoglobin adalah protein yang mengandung zat besi dalam sel darah dan pemberi warna merah pada darah. Hb berguna untuk membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Pada ibu hamil, Hb berperan dalam membawa oksigen dan nutrisi dari paru-paru ke tubuh janin.

Untuk membentuk Hb, diperlukan zat besi, sehingga bisa menghasilkan sel darah merah berkualitas baik. Dengan begitu, proses penghantaran oksigen dan nutrisi ke tubuh janin menjadi lancar.

Kadar Hb Normal Ibu Hamil

Biasanya, kadar Hb ibu hamil lebih rendah dari normal. Rendahnya kadar Hb di dalam tubuh membuat Bunda lebih rentan mengalami anemia, yaitu kondisi tubuh yang mengalami kekurangan sel darah merah. Jika anemia berlangsung lama, terus-menerus, dan tidak segera diobati, kondisi ini dapat mengganggu tumbuh kembang janin lho, Bunda.

Agar terhindar dari anemia saat hamil, Bunda perlu mengetahui kadar Hb normal ibu hamil yang tepat. Berikut ini adalah kadar Hb normal ibu hamil yang diukur berdasarkan usia kehamilan:

  • Trimester pertama (0-3 bulan): 11 g/dL
  • Trimester kedua (4-6 bulan): 10,5 g/dL
  • Trimester ketiga (7-9 bulan): 11 g/dL

Kadar Hb rendah di bawah normal menandakan Bunda mengalami anemia saat hamil. Selain kadar Hb yang rendah, Bunda mungkin mengalami anemia saat hamil bila mengalami tanda-tanda lain, seperti sakit kepala, demam, mudah lelah, detak jantung cepat, kulit pucat atau kekuningan, nyeri dada, dan sesak napas.

Ibu hamil juga akan lebih mudah mengalami anemia saat hamil bila saat mengandung mengalami kondisi tertentu, seperti memiliki dua kehamilan dengan jarak yang dekat, hamil kembar atau mengandung lebih dari satu janin di dalam tubuh, sering muntah karena morning sickness, mengalami menstruasi yang mengeluarkan banyak darah sebelum masa kehamilan, dan mengalami anemia sebelum masa kehamilan.

Anemia yang berlangsung terus-menerus selama hamil dapat membuat janin lebih rentan lahir secara prematur, yaitu lebih cepat daripada yang seharusnya. Akibatnya, janin dapat memiliki berat badan yang lebih rendah daripada janin yang lahir cukup bulan.

Cara Menjaga Kadar Hb Normal Ibu Hamil

Nah, ada beberapa cara yang dapat Bunda terapkan untuk menjaga kadar Hb tetap normal saat mengandung Si Kecil. Beberapa cara tersebut mudah untuk dilakukan dan tidak memerlukan biaya yang tinggi.

Berikut ini cara menjaga kadar Hb normal ibu hamil yang efektif melancarkan kehamilan:

Makan makanan bernutrisi

Kurangnya zat besi di dalam tubuh menyebabkan kadar Hb ibu hamil di bawah normal. Oleh karena itu, alangkah baiknya kalau Bunda mencukupi asupan zat besi agar tumbuh kembang janin dapat optimal.

Sebagai langkah awal, Bunda bisa mengonsumsi kacang-kacangan yang kaya akan zat besi, seperti kacang almond, kacang mete, dan kacang kedelai. Bila Bunda lebih menyukai makanan hewani, konsumsilah makanan hewani sumber zat besi, seperti daging merah, hati, dan telur.

Jika Bunda adalah vegetarian atau lebih menyukai sayur, konsumsilah sayuran hijau yang tinggi akan zat besi, seperti bayam, brokoli, dan kubis. Jika Bunda lebih menyukai makanan laut, Bunda bisa mencukupi asupan zat besi dengan mengonsumsi ikan makerel, ikan sarden, dan ikan tuna.

Jika suka makan buah, Bunda dapat memenuhi kebutuhan zat besi dengan mengonsumsi jeruk, stroberi, kiwi, dan tomat. Keempat buah tersebut kaya akan vitamin C yang mampu meningkatkan penyerapan zat besi di dalam tubuh lho, Bunda.

Mengonsumsi vitamin prenatal

Selain dari makanan, Bunda juga bisa menambah asupan zat besi dengan mengonsumsi vitamin prenatal, yaitu suplemen zat besi dan vitamin ibu hamil, lho. Agar dapat memperoleh manfaat vitamin prenatal dengan optimal, sebaiknya Bunda mengonsumsi vitamin prenatal sejak merencanakan kehamilan.

Perlu diingat, suplemen zat besi memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Zat besi yang berlebihan di dalam tubuh bisa memperparah mual saat hamil. Oleh karena itu, sebelum mengonsumsi suplemen zat besi, ada baiknya kalau Bunda berkonsultasi dengan dokter. Nantinya, dokter akan menentukan dosis suplemen zat besi yang sesuai kebutuhan Bunda.

Kadar Hb normal ibu hamil penting untuk dijaga agar dapat terhindar dari komplikasi yang bisa mengganggu kelancaran persalinan. Jika tanda-tanda anemia yang dirasakan berlangsung lama dan terus-menerus, sebaiknya Bunda segera memeriksakan diri ke dokter. Nantinya, dokter akan memberikan penanganan yang tepat dan sesuai kondisi Bunda.

Sumber:

American Pregnancy Association. Anemia During Pregnancy.

Centers for Diseases Control and Prevention (2021). Vitamins & Minerals. Iron.

Cleveland Clinic (2023). 52 Foods High In Iron.

Cleveland Clinic (2022). Anemia During Pregnancy.

Mayo Clinic (2022). Pregnancy week by week. Iron deficiency anemia during pregnancy: Prevention tips.

MSD Manuals (2022). Anemia in Pregnancy.

BabyCenter (2021). Health & Safety. Anemia in pregnancy.

Healthline (2023). 12 Healthy Foods That Are High in Iron.

Healthline (2023). Vegetarian Foods That Are Loaded with Iron.

Healthline (2020). Who Should Take Iron Supplements?

Verywell Health (2023). What Is the Function of Hemoglobin?

WebMD (2022). Anemia in Pregnancy.

By dr. Marianti

Head of Medical Content Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *