Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan? Ketahui Faktanya

ibu hamil makan mie instan, diary bunda

Boleh atau tidak ibu hamil makan mie instan masih banyak diperdebatkan. Mie instan memang sangat praktis dan rasanya pun nikmat, sehingga sering menjadi pilihan kalau ibu hamil tiba-tiba merasa lapar. Meski bisa mengenyangkan dan memberi tenaga, kandungan nutrisinya juga perlu diperhatikan apakah baik untuk ibu hamil.

Mie instan merupakan salah satu makanan yang digemari banyak orang. Selain memiliki berbagai pilihan rasa yang nikmat, mie instan juga sangat mudah didapat, murah, dan mudah disajikan.

Meski begitu, mie instan juga merupakan salah satu makanan yang banyak dipertanyakan keamanan serta nilai gizinya, termasuk untuk ibu hamil. Ada anggapan bahwa makan mie instan saat hamil tidak baik untuk janin. Betul atau tidak?  Nah, untuk bisa menjawabnya, Bunda perlu tahu dulu apa saja sih kandungan di dalam mie instan.

Berbagai Kandungan Mie Instan yang Perlu Diketahui

Mie instan terbuat dari tepung terigu sebagai bahan dasarnya. Di Indonesia, semua produk mie instan telah diperkaya dengan tambahan nutrisi di dalamnya, seperti zat besi, vitamin A, vitamin B, asam folat, dan zinc.

Meski sudah ada penambahan, kadar zat-zat gizi ini di dalam mie instan sebenarnya masih tidak begitu tinggi lho, Bun. Kandungan yang kadarnya tinggi di dalam mie instan justru adalah kalori, lemak jenuh, garam, dan gula, yang jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan, seperti obesitas dan sindrom metabolik.

Tidak hanya itu, mie instan juga mengandung zat pengawet, pewarna, dan penguat rasa. Walaupun zat-zat ini sudah terbukti aman untuk dikonsumsi, tetapi kalau dikonsumsi terlalu banyak, tetap saja tidak baik untuk kesehatan.

Jadi, Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan?

Perlu diingat, setiap makanan yang Bunda konsumsi dapat memengaruhi kondisi kehamilan dan pertumbuhan Si Kecil dalam kandungan. Oleh karena itu, Bunda perlu berhati-hati kalau ingin makan sesuatu, termasuk mie instan.

Mie instan tergolong junk food atau makanan cepat saji yang nilai gizinya rendah dan tidak banyak memberikan manfaat bagi kehamilan. Mie instan justru memiliki kandungan garam atau sodium yang tinggi, sehingga bisa menaikkan tekanan darah dan menimbulkan hipertensi saat hamil.

Nah, kalau Bunda memang sedang ingin makan mie instan, atau mungkin Bunda tiba-tiba merasa lapar dan butuh makanan yang bisa disajikan dengan cepat, boleh kok Bunda makan mie instan.

Namun, selama hamil, jangan terlalu banyak atau terlalu sering makan mie instan ya, Bunda. Sebisa mungkin batasi konsumsinya, misalnya hanya 1 bulan sekali. Ini untuk mencegah darah tinggi (hipertensi) dalam kehamilan dan kenaikan berat badan yang berlebihan saat hamil.

Tips Makan Mie Instan Lebih Aman Saat Hamil

Kalau Bunda sedang mengidam dan ingin sekali makan mie instan, ada beberapa tips yang bisa Bunda terapkan agar konsumsi mie instan bisa lebih aman, yaitu:

  • Gunakan bumbu mie instan setengah atau sepertiganya saja, agar tidak melampaui batas asupan garam per hari.
  • Ganti bumbu mie instan dengan kaldu ayam, kaldu sayur, atau rempah lainnya yang bisa menambah rasa.
  • Jangan gunakan air bekas rebusan mie sebagai kuah.
  • Tambahkan sayur-sayuran, seperti kembang kol, sawi, wortel, atau buncis, sebagai bahan pelengkap mie instan.
  • Tambahkan protein, seperti telur, ikan, atau ayam, yang telah dimasak matang.

Referensi:

BabyCenter (2021). Is It Safe to Eat Foods with MSG while Pregnant?

Healthline (2023). Are Instant Noodles Bad for You?

Healthline (2023). Are Instant Ramen Noodles Bad for You, or Good?

Verywell Fit (2021). Ramen Noodle Nutrition Facts.

WebMD (2022). What to Know About Ramen Noodles.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *