Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian? Ketahui Faktanya

Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian Ketahui Faktanya

Boleh atau tidak ibu hamil makan durian mungkin menjadi pertanyaan yang sering timbul di dalam pikiran sebagian ibu hamil. Ada yang bilang durian tidak aman dikonsumsi oleh ibu hamil, tapi ada juga yang bilang durian boleh dikonsumsi karena kandungan gizinya yang baik. Jadi, mana yang benar? Biar tidak semakin bingung, yuk, simak pembahasannya di artikel ini.

Durian (Durio zibethinus) merupakan sejenis buah yang banyak tumbuh di daerah tropis, terutama di Asia Tenggara seperti Indonesia. Buah ini terkenal akan baunya yang khas dan menyengat serta rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut.

Tak hanya itu, ternyata durian mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan untuk janin dan kandungan lho, Bunda. Meski begitu, tidak sedikit ibu hamil yang masih ragu untuk mengonsumsi durian saat mengandung karena anggapan bahwa buah ini tidak baik bagi ibu hamil.

Nah, agar Bunda tidak ragu untuk mengonsumsi durian saat hamil, ketahui dulu apa saja nutrisi penting yang terkandung di dalam buah yang dijuluki sebagai raja dari segala buah atau king of fruit ini.

Berbagai Kandungan Durian dan Manfaatnya

Durian adalah buah-buahan yang kaya akan nutrisi karena mengandung banyak karbohidrat dan protein. Tidak hanya itu, durian juga merupakan sumber mineral, seperti fosfor dan kalium, serta vitamin, seperti vitamin B9 atau asam folat dan vitamin C.

Berikut ini berbagai nutrisi yang terkandung di dalam durian beserta manfaatnya:

1. Karbohidrat

Dalam 100 gram durian, terkandung sekitar 27 gram. Ini menjadikan durian baik dikonsumsi sebagai salah satu sumber energi tambahan bagi tubuh Bunda. Tak hanya itu, karbohidrat di dalam durian juga umumnya termasuk jenis karbohidrat kompleks yang lebih aman untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil, lho.

2. Serat

Durian juga termasuk salah satu buah yang kaya serat, sehingga baik untuk menyehatkan usus dan pencernaan Bunda. Dengan mengonsumsi makanan berserat, Bunda akan terhindar dari sembelit. Selain itu, serat dalam durian juga berperan sebagai prebiotik, sehingga dapat menjaga keseimbangan jumlah bakteri baik di dalam usus (probiotik).

3. Protein

Protein adalah salah satu nutrisi penting yang terdapat pada durian. Protein (asam amino) yang ada di dalam durian berperan penting untuk menambah berat badan Bunda dan janin, serta mendukung proses pembentukan organ tubuh dan tumbuh kembang janin.

4. Asam Folat

Asam folat merupakan nutrisi yang banyak terkandung di dalam durian. Asam folat atau vitamin B9 berperan penting dalam membentuk organ saraf janin, yaitu otak dan saraf tulang belakang, serta mencegah gangguan pembentukan tabung saraf janin, seperti spina bifida dan anensefali. Vitamin ini juga berperan penting untuk mendukung produksi sel darah merah selama kehamilan.

5. Vitamin C

Dalam 1 porsi durian, terkandung sekitar 48 miligram vitamin C. Jumlah ini sudah bisa mencukupi hampir 50% kebutuhan vitamin C harian Bunda, lho.

Vitamin C yang terkandung di dalam durian berperan penting dalam menunjang produksi kolagen, yaitu protein yang terkandung di dalam jaringan kulit, tulang, otot, dan urat. Vitamin C juga berperan penting untuk menjaga imunitas tubuh tetap kuat, sehingga Bunda tidak gampang sakit selama hamil.

6. Kalium

Buah durian juga merupakan sumber kalium yang cukup baik. Dalam 100 gram buah durian terdapat sekitar 440 miligram kalium. Jumlah kalium dalam durian ini sudah mencapai sektiar 10% kebutuhan kalium harian ibu hamil, lho. Kalium merupakan mineral penting yang berperan dalam menjaga tekanan darah tetap normal dan stabil, serta menjaga kontraksi otot dan jantung tetap lancar.

7. Fosfor

Durian adalah salah satu buah yang kaya akan fosfor. Dengan mengonsumsi 1 porsi buah durian saja atau setara sekitar 250 gram, Bunda sudah bisa mencukupi sekitar 15% kebutuhan fosfor harian. Fosfor merupakan mineral yang berperan penting untuk membentuk tulang dan gigi janin.

Jadi, Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian?

Jawabannya adalah boleh. Durian bahkan termasuk salah satu buah yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil berkat kandungan nutrisinya yang tergolong tinggi.

Namun, perlu diingat, buah ini tidak boleh dikonsumsi berlebihan, ya. Bunda cukup mengonsumsi buah ini 2 atau 3 kali per minggu dengan porsi sebanyak 1–2 porsi per harinya. Bunda juga bisa menjadikan durian sebagai cemilan sehat atau makanan untuk untuk mengatasi ngidam.

Mengapa buah durian tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak, Bun? Ini karena durian banyak mengandung gula, jika dikonsumsi berlebihan buah ini dikhawatirkan dapat membuat gula darah jadi meningkat.

Tidak hanya itu, durian juga tinggi kalori, sehingga bisa berisiko menyebabkan obesitas jika Bunda terlalu banyak memakannya.

Jadi, agar tetap aman, konsumsilah buah durian sesuai porsi yang wajar dan imbangi dengan mengonsumsi makanan bergizi lainnya, ya.

Tips Makan Durian Lebih Aman Saat Hamil

Kalau Bunda sedang ngidam makan durian, ada beberapa tips yang bisa Bunda terapkan agar lebih aman ketika mengonsumsinya saat hamil, yaitu:

  • Konsumsi 2-3 potong kecil saja dan tidak terlalu sering.
  • Minum air putih setelah mengonsumsi durian.
  • Hindari mengonsumsi durian bila memiliki riwayat penyakit diabetes gestasional.
  • Simpan buah durian utuh di tempat sejuk, gelap, dan lembap agar tidak cepat busuk.
  • Simpan durian potong di dalam lemari es dan segera buang durian tersebut setelah dikonsumsi selama 10–15 hari sebelum mulai membusuk.

Sumber:

Menteri Kesehatan Republik Indonesia (2019). PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 28 TAHUN 2019 TENTANG ANGKA KECUKUPAN GIZI YANG DIANJURKAN UNTUK MASYARAKAT INDONESIA.

American Pregnancy Association. Pregnancy Nutrition.

Chian, T.M., & Asohan, S. Universiti Teknologi Malaysia. Institute of Bioproduct Development. Exploring the Nutritional Contents and Benefits of Durian (Durio zibethinus).

Harvard T.H Chan School of Public Health (2023). Phosphorus.

Cleveland Clinic (2022). Collagen.

Mount Alvernia Hospital Singapore. Nutrition. Durians – Are They Good For Me?

Sunway Medical Center Sunway City Malaysia (2023). Nutrition of Pregnancy: Key Tips from a Obstetrician.

Baby Center (2021). Protein during pregnancy.

Baby Center (2021). Vitamin C during pregnancy.

Healthline (2023). Does Fiber Relieve or Cause Constipation? A Critical Look

Healthline (2023). Durian Fruit: Potent smell but Incredibly Nutritious.

Kidshealth (2022). Folic Acid and Pregnancy.

Verywell Fit (2022). Durian Nutrition Facts and Health Benefits.

Verywell Health (2022). What Is ATP?

By dr. Marianti

Head of Medical Content Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *