9 Rekomendasi Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil

9 Rekomendasi Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil

Memilih skincare yang aman untuk ibu hamil tidak boleh sembarangan. Soalnya, ada beberapa bahan di dalam skincare yang bisa terserap oleh tubuh dan berpotensi mengganggu kesehatan janin dan kandungan. Oleh karena itu, Bunda perlu tahu apa saja skincare yang aman untuk ibu hamil sekaligus bagus untuk kulit.

Selama masa kehamilan, normal bagi ibu hamil memiliki kulit wajah yang cenderung lebih sensitif karena perubahan hormon. Hal ini membuat kulit lebih mudah mengalami masalah, seperti muncul jerawat, lebih kusam, bahkan lebih gelap di area tertentu.

Tidak jarang, masalah pada kulit wajah ini membuat ibu hamil merasa tidak nyaman dan kurang percaya diri. Oleh karena itu, diperlukan berbagai jenis skincare yang bisa mengatasi sekaligus mencegah masalah kulit ibu hamil.

Rekomendasi Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil dan Bagus untuk Kulit

Meski banyak skincare yang dianggap ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kulit, belum tentu kandungan di dalamnya aman untuk ibu hamil.

Ada kandungan skincare yang sama sekali tidak dianjurkan untuk ibu hamil, seperti retinol dan paraben. Ada pula kandungan yang masih boleh digunakan tetapi jumlahnya harus dibatasi, seperti asam salisilat.

Nah, daripada Bunda bingung, ada beberapa rekomendasi skincare yang tidak hanya aman, tetapi juga bisa mengatasi masalah pada kulit. Berikut ini adalah rekomendasinya:

1. Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Cetaphil Gentle Skin Cleanser merupakan sabun pembersih wajah yang bisa membersihkan sekaligus melembapkan kulit. Sabun pembersih wajah ini cocok untuk segala jenis kulit, baik kulit kering, berminyak, kombinasi, maupun sensitif.

Cetaphil Gentle Skin Cleanser juga aman digunakan oleh ibu hamil, karena tidak mengandung bahan yang bisa membahayakan janin dan kandungan. Sabun pembersih wajah ini justru mengandung formula khusus, seperti campuran niacinamide, panthenol, dan gliserin, yang membuat kulit jadi lembut dan lembap.

Skincare yang aman untuk ibu hamil ini tersedia dalam berbagai varian ukuran, mulai dari 59 ml, 125 ml, 250 ml, 500 ml, hingga 1000 ml. Cetaphil Gentle Skin Cleanser dianjurkan untuk digunakan setiap pagi dan malam. Bunda bisa mengusapkannya ke kulit wajah dengan atau tanpa air, lalu membilasnya dengan air bersih.

2. Cosrx Low Ph Good Morning Gel Cleanser

Apabila tekstur kulit wajah terasa kasar, Bunda bisa menggunakan Cosrx Low Ph Good Morning Gel Cleanser sebagai sabun pembersih wajah. Soalnya, produk ini mengandung betaine salicylate dan tea tree oil yang mampu menenangkan, menghaluskan, sekaligus mencerahkan kulit.

Selain bisa menghaluskan tekstur kulit yang kasar, Cosrx Low Ph Good Morning Gel Cleanser juga bisa menyeimbangkan pH kulit. Apabila pH kulit seimbang, wajah bisa terhindar dari berbagai macam masalah kulit, seperti jerawat dan iritasi.

Skincare yang aman untuk ibu hamil ini tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari 20 ml hingga 150 ml. Bunda bisa menggunakan Corx Low Ph Good Morning Gel Cleanser setiap pagi dan malam, dengan memijatkannya ke kulit wajah dengan air, lalu bilas dengan air hangat.

3. Sebamed Clear Face Facial Toner

Sebamed Clear Face Facial Toner bisa digunakan oleh ibu hamil dengan kulit berminyak atau kombinasi yang cenderung mudah berjerawat. Toner ini mampu mengangkat minyak dan sisa-sisa kotoran sampai ke pori-pori.

Selain mengangkat minyak dan sisa kotoran, Sebamed Clear Face Facial Toner juga bisa melembapkan kulit karena mengandung ekstrak mentimun dan protein sutra. Kandungan panthenol di dalam skincare yang aman untuk ibu hamil ini juga bisa menghilangkan bekas jerawat.

Sebamed Clear Face Facial Toner hanya tersedia dalam ukuran 150 ml. Untuk menggunakannya, Bunda bisa menuangkan toner ini ke kapas, lalu mengusapkannya ke seluruh wajah, kecuali area mata.

Meski begitu, Bunda harus berkonsultasi dahulu ke dokter sebelum menggunakan Sebamed Clear Face Facial Toner. Soalnya, produk ini mengandung hydroxy acidyang pemakaiannya harus dibatasi.

4. Sukin Hydrating Mist Toner

Sukin Hydrating Mist Toner bermanfaat untuk melembapkan, menyegarkan, sekaligus menenangkan kulit wajah. Soalnya, toner ini mengandung beberapa bahan alami yang bagus untuk kulit, seperti ekstrak chamomile dan air mawar.

Di samping manfaatnya, toner ini juga aman untuk ibu hamil karena tidak mengandung alkohol dan berbagai bahan yang bisa membahayakan janin dan kandungan, misalnya paraben.

Skincare yang aman untuk ibu hamil ini tersedia dalam ukuran 125 ml. Bunda bisa menggunakannya setiap pagi dan malam, setelah membersihkan muka. Untuk menggunakannya, Bunda hanya perlu menyemprotkan Sukin Hydrating Mist Toner ke wajah, karena produk ini dikemas dalam bentuk semprot.

5. Skintific Moisturize Gel

Apabila Bunda ingin melembapkan kulit sekaligus memperbaiki kulit yang rusak, Skintific Moisturize Gel bisa menjadi pilihan. Pelembap wajah ini mengandung ceramide, hyaluronic acid, centella asiatica, serta marine collagen yang bisa melembapkan, menghaluskan, serta menjaga kesehatan kulit.

Skintific Moisturize Gel tersedia dalam ukuran 20 gram dan 80 gram. Bunda bisa menggunakan produk ini setiap pagi dan malam dengan cara mengoleskannya di kulit area jidat, dagu, pipi, dan hidung. Selanjutnya, ratakan ke seluruh kulit wajah dengan jari.

6. ElsheSkin Deep Hydration Calming Moisturizer

Elshe Skin Deep Hydration Calming Moisturizer merupakan pelembap dalam bentuk krim yang bisa digunakan untuk melembapkan kulit sekaligus menjaga kulit dari kerusakan. Pelembap ini mengandung berbagai bahan yang aman untuk ibu hamil serta bagus untuk kulit, seperti ceramide, calendula flower, serta korean herb purslane.

Skincare yang aman untuk ibu hamil ini berbentuk tube kecil berukuran 30 ml. Dengan begitu, Bunda bisa lebih mudah membawa Elshe Skin ketika bepergian. Untuk menggunakannya, Bunda hanya perlu menekan pump sekitar 2–3 kali. Oleskan krim ke beberapa titik di wajah, lalu ratakan.

7. Mama’s Choice Advanced Brightening Face Serum

Mama’s Choice Advanced Brightening Face Serum bisa digunakan untuk ibu hamil yang memiliki kulit kusam dan mudah berjerawat. Soalnya, serum wajah ini mengandung beberapa bahan yang aman sekaligus bagus untuk kulit ibu hamil, seperti ekstrak peony, vitamin C, hyaluronan 11 multi-complex, ceramide NP, dan niacinamide.

Mama’s Choice Advanced Brightening Face Serum tersedia dalam ukuran travel size, yaitu 30 ml, sehingga mudah dibawa bepergian. Bunda bisa menggunakan serum ini setiap pagi dan malam. Nah, untuk menggunakannya, Bunda hanya perlu menuangkan serum ini sebanyak 5–6 tetes ke wajah, lalu ratakan ke seluruh kulit wajah.

8. Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Facial C-Serum

Apabila Bunda memiliki kulit berminyak dan cenderung berjerawat, Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Facial C-Serum bisa menjadi serum yang cocok untuk Bunda.

Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Facial C-Serum mengandung bahan alami yang bagus untuk kulit, seperti ekstrak kakadu plum yang bisa memperbaiki tekstur kulit dan membuat kulit menjadi lebih elastis. Selain itu, serum ini juga mengandung tea tree oilyang bisa mengatasi dan mencegah timbulnya jerawat.

Skincare yang aman untuk ibu hamil ini tersedia dalam ukuran 60 ml. Bunda bisa menggunakan Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Facial C-Serum setiap pagi dan malam. Untuk menggunakannya, Bunda hanya perlu menyemprotkannya ke wajah, karena serum ini dikemas dalam bentuk semprot.

9. Mama’s Choice Daily Protection Face Moisturizer

Mama’s Choice Daily Protection Face Moisturizer merupakan tabir surya dengan SPF 20 PA++ yang sekaligus bisa menjadi pelembap. Produk ini mengandung mineral yang mampu menjaga kulit dari sinar UVA/UVB serta mengandung bahan lain yang bisa melembapkan kulit, seperti ekstrak beras yang kaya vitamin E dan B.

Skincare yang aman untuk ibu hamil ini tersedia dalam ukuran 30 ml. Untuk menggunakan Mama’s Choice Daily Protection Face Moisturizer, Bunda bisa mengoleskannya ke seluruh wajah pada siang hari atau setiap akan keluar rumah.

Itulah beberapa rekomendasi skincare yang aman untuk ibu hamil. Untuk memaksimalkan penggunaan skincare, Bunda bisa melakukan beberapa tips berikut ini:

  • Pastikan untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menggunakan produk skincare.
  • Jangan menggosok kulit wajah terlalu kasar ketika menggunakan pembersih wajah.
  • Pastikan mengeringkan wajah dengan handuk yang bersih dan lembut setelah membersihkan wajah.
  • Pijat lembut kulit wajah ketika menggunakan pelembap. Jangan menarik atau menggosok kulit terlalu kasar.
  • Beri jarak waktu 2–3 menit pada setiap pergantian penggunaan skincare.
  • Jangan terlalu sering mengganti produk skincare. Beri waktu pada kulit Bunda untuk menyesuaikan produk.

Perlu diingat, hal terpenting dalam merawat kulit wajah agar tetap sehat adalah dengan melakukannya secara rutin, tidak hanya sesekali. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menggunakan skincare secara rutin dan sesuai dengan kebutuhan Bunda, ya.

Sumber:

Putra, I., Jusuf, N., & Dewi, N. (2022). Skin Changes and Safety Profile of Topical Products During Pregnancy. Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, 15(2), pp. 49–57.

American Academy of Dermatology Association (2023). Everyday Care. Face Washing 101.

Baby Center (2020). Safe Skin Care During Pregnancy.

Everyday Health (2019). What Is Skin pH? How to Tell if Yours Is Healthy, and Why It Matters.

Healthline (2023). The Ultimate Guide to Skin Care: Expert Tips and Tricks for Every Skin Type.

Healthline (2023). Your Guide to a Pregnancy-Safe Skin Care Routine.

Verywell Family (2022). A Complete Guide to Pregnancy-Safe Skincare.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *