Hamil 5 Minggu, Tanda Kehamilan Sudah Mulai Muncul

Hamil 5 Minggu, Tanda Kehamilan Sudah Mulai Muncul

Hamil 5 minggu atau awal bulan kedua masih tergolong kehamilan yang sangat muda. Meski begitu, janin sudah mengalami berbagai perkembangan yang pesat pada minggu ini lho, Bun. Selain itu, Bunda juga bisa merasakan berbagai perubahan tubuh yang menjadi tanda bahwa Bunda sedang mengandung.

Perubahan Tubuh yang Terjadi Saat Hamil 5 Minggu

Pada minggu kelima, kehamilan biasanya baru Bunda sadari. Soalnya, tanda-tanda kehamilan umumnya baru muncul dan Bunda rasakan pada minggu ini. Tidak jarang perubahan yang terjadi membuat Bunda kaget dan tidak nyaman. Berikut ini adalah beberapa perubahan yang bisa Bunda alami saat hamil 5 minggu:

1. Morning sickness

Morning sickness adalah rasa mual dan muntah yang umumnya dirasakan ibu hamil saat hamil muda. Biasanya, keluhan hamil ini baru akan muncul saat usia kehamilan memasuki minggu ke-5 atau ke-6. Pada kebanyakan kasus, morning sicknessdianggap sebagai tanda seorang wanita sedang hamil.

2. Sering buang air kecil

Saat hamil 5 minggu, ibu hamil bisa lebih sering buang air kecil (BAK). Keluhan ini umumnya terjadi karena perubahan hormon saat hamil dan peningkatan produksi cairan dalam tubuh.

Meski memang normal dialami ibu hamil, seringnya buang air kecil bisa membuat tubuh kekurangan cairan. Oleh karena itu, Bunda harus selalu minum banyak air putih ya, agar tubuh tetap terhidrasi.

3. Perut kembung

Perut kembung adalah salah satu keluhan yang umum terjadi pada ibu hamil muda. Keluhan ini terjadi karena meningkatnya kadar hormon kehamilan yang membuat kerja otot saluran pencernaan menjadi lambat. Akibatnya, ibu hamil jadi lebih sering buang gas atau kentut.

4. Nyeri dan bengkak pada payudara

Ibu yang hamil 5 minggu terkadang merasakan nyeri dan bengkak pada payudara. Keluhan ini umumnya terjadi karena meningkatnya hormon kehamilan, sehingga payudara lebih sensitif ketika disentuh.

5. Mudah lelah

Saat hamil muda, kebanyakan ibu lebih mudah merasa lelah. Keluhan ini normal terjadi karena banyak perubahan pada tubuh ibu saat hamil muda, mulai dari perubahan fisik hingga emosional.

Pertumbuhan dan Perkembangan Janin Saat Hamil 5 Minggu

Selain pada ibu hamil, janin juga mengalami berbagai perkembangan saat hamil 5 minggu. Pada minggu ini, janin berukuran sebesar biji wijen, yaitu sekitar 2 mm. Beberapa perkembangan lain pada janin meliputi:

1. Struktur wajah sudah terbentuk

Meski ukurannya masih sangat kecil, struktur wajah janin seperti bentuk mata, hidung, dan telinga, sudah mulai terbentuk. Meski begitu, bentuknya belum sempurna, sehingga wajah janin belum terlihat dengan jelas.

2. Pembuluh darah mulai terbentuk

Saat hamil 5 minggu, pembuluh darah yang terhubung dengan plasenta juga mulai terbentuk. Nantinya, pembuluh darah ini akan berkembang menjadi tali pusat yang akan mengalirkan darah, oksigen, dan nutrisi dari plasenta.

3. Jantung sudah mulai berdetak

Mendengar detak jantung janin adalah salah satu momen yang sangat mengharukan sekaligus menyenangkan. Nah, pada minggu ini, Bunda bisa mendengar jantung janin mulai berdetak melalui pemeriksaan USG.

4. Otak dan sumsum tulang belakang sudah mulai terbentuk

Pada minggu ini, otak, sumsum tulang belakang, dan sistem saraf sudah mulai terbentuk. Karena pembentukan organ-organ tersebut terjadi sangat pesat, kepala janin pun menjadi terlihat lebih besar dari badannya saat hamil 5 minggu.

Nah, itulah berbagai perubahan tubuh Bunda serta perkembangan janin saat hamil 5 minggu. Untuk menjaga kehamilan tetap sehat, Bunda perlu melakukan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi, beristirahat yang cukup, dan berolahraga secara rutin.

Bunda juga tidak boleh lupa untuk selalu melakukan kontrol rutin kehamilan ke dokter, ya. Dengan melakukan kontrol kehamilan, Bunda bisa mengetahui apakah janin tumbuh dan berkembang dengan baik.

Sumber:

Australian Government (2020). Pregnancy Birth and Baby. Pregnancy at Week 5.

National Health Services UK (2023). Week by Week Guide to Pregnancy. 1st trimester.

National Health Services UK (2023). Pregnancy Week by Week. You and Your Baby at 5 Weeks Pregnant.

Baby Center (2022). 5 Weeks Pregnant.

Healthline (2023). 7 Safe Home Remedies for Gas During Pregnancy.

Healthline (2018). How Early Can You Hear Baby’s Heartbeat on Ultrasound and By Ear?

Verywell Family (2022). Week 5 of Your Pregnancy.

WebMD (2022). Your Pregnancy Week by Week: Weeks 5-8.

By dr. Merry Dame Cristy Pane

Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *