6 Manfaat Buah Salak untuk Ibu Hamil yang Perlu Diketahui

Manfaat buah salak untuk ibu hamil jarang diketahui karena sebagian orang menganggap buah ini tidak baik dikonsumsi selama kehamilan. Padahal, salak mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan saat hamil dan untuk perkembangan janin. Kira-kira, apa saja ya manfaatnya?

Beragam Manfaat Buah Salak untuk Ibu Hamil

Selama masa kehamilan, Bunda perlu makan makanan bernutrisi agar Si Kecil dapat tumbuh dengan baik dalam kandungan. Nah, salah satu sumber makanan tinggi nutrisi adalah buah-buahan, salah satunya salak.

Namun, ada anggapan kalau salak tidak boleh dikonsumsi saat hamil. Katanya bisa membuat kulit bayi bersisik, menimbulkan rasa panas di perut ibu hamil, bahkan menyebabkan keguguran

Sebenarnya, beberapa kondisi tersebut belum terbukti secara ilmiah, Bun. Justru, salak adalah buah yang boleh Bunda konsumsi saat hamil, karena kandungan nutrisinya yang tinggi. Dari nutrisinya ini, salak memiliki beragam manfaat penting bagi Bunda dan Si Kecil, seperti:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Buah salak mengandung senyawa penting yang disebut polifenol dan vitamin C. Kandungan ini memiliki banyak manfaat baik Bun, salah satunya meningkatkan imunitas tubuh. Ini karena polifenol dan vitamin C bersifat antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan melindungi sel-sel tubuh.

Dengan begitu, Bunda dapat terhindar dari penyakit sehingga kesehatan Bunda dan Si Kecil dapat selalu terjaga.

2. Mengatasi masalah pencernaan

Selain meningkatkan imunitas tubuh, salak juga bisa menjaga kesehatan organ pencernaan. Ini karena salah memiliki kandungan prebiotik yang dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus.

Namun, tidak cuma prebiotik, kandungan antioksidan polifenol dan serat pada salak pun baik untuk kesehatan pencernaan, Bunda. Kandungan serat dalam salak mampu mengatasi masalah pencernaan yang sering dialami ibu hamil, seperti kembung, sembelit, dan kram perut.

3. Menambah energi dan stamina

Bunda mungkin menjadi mudah lelah selama masa kehamilan karena adanya perubahan hormon. Namun, masalah mudah lelah ini bisa diatasi kok, dengan cara mengonsumsi buah salak.

Manfaat buah salak untuk ibu hamil yang satu ini juga sudah dibuktikan oleh peneliti, lho, karena kandungan karbohidrat di dalamnya dapat meningkatkan stamina dan energi. Tak hanya itu, karbohidrat dalam salak juga dapat mendukung tumbuh kembang Si Kecil.  

4. Meningkatkan memori dan konsentrasi

Sebagian ibu hamil juga sering mengeluh mudah lupa dan sulit fokus. Kondisi ini mungkin saja terjadi karena perubahan hormon, stres, atau efek kurang tidur selama Bunda sedang hamil. Untungnya, Bunda dapat mencegah keluhan tersebut dengan mengonsumsi buah salak.

Salak mengandung beta karoten, pektin, dan kalium, yaitu nutrisi yang dapat meningkatkan fungsi otak, terutama kemampuan mengingat atau menghafal.

5. Menurunkan kadar gula darah

Salah satu manfaat buah salak untuk ibu hamil yang tidak kalah penting adalah menurunkan kadar gula darah, terutama bagi Bunda yang menderita diabetes gestasional.

Soalnya, kadar gula darah yang tinggi dan tidak terkontrol selama kehamilan dapat memengaruhi pertumbuhan Si Kecil, seperti berat badan yang lebih tinggi dari rata-rata hingga risiko terjadinya penyakit kuning. Namun, Bunda tidak perlu khawatir ya, karena hal tersebut bisa dicegah dengan rutin mengonsumsi buah salak.

6. Mencegah anemia

Salak mengandung zat besi yang cukup tinggi. Mineral ini merupakan bahan utama pembentukan sel darah merah.

Saat hamil, Bunda memerlukan lebih banyak zat besi karena tubuh Bunda perlu menghasilkan lebih banyak darah untuk mencukupi kebutuhan nutrisi janin. Oleh karena itu, salak baik dikonsumsi untuk mencegah anemia saat hamil.

Nah, setelah mengetahui ragam manfaat buah salak untuk ibu hamil, sekarang Bunda tidak perlu ragu lagi mengonsumsinya sebagai camilan. Namun, pastikan Bunda memilih buah salak yang sudah matang, membatasi konsumsinya, dan tidak mengunyah bijinya.

Kalau Bunda masih memiliki pertanyaan terkait cara mengonsumsi salak yang tepat untuk ibu hamil, boleh kok tanyakan ke dokter agar manfaat buah ini bisa diperoleh dengan maksimal.

Sumber:

De Bellefonds, C. Baby Center (2021). What is Pregnancy Brain?

Kids Health (2020). Pregnant or Breastfeeding? Nutrients You Need.

WebMD (2023). Gestational Diabetes.

WebMD (2023). Healthy Foods High in Polyphenols.

Harris-Ray, N. WebMD (2022). Health Benefits of Snake Fruit.

By Dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *