Berhubungan Saat Hamil, Inilah Tips agar Tetap Aman dan Nyaman

Berhubungan saat hamil bukanlah hal yang dilarang. Namun, tidak sedikit pasangan yang khawatir melakukannya karena takut melukai janin. Padahal, berhubungan intim saat hamil memiliki manfaat, lho. Nah, agar tetap aman dan nyaman, ada beberapa hal yang perlu Bunda dan pasangan perhatikan sebelum berhubungan seks.

Tips Aman dan Nyaman Berhubungan Saat Hamil

Bunda mungkin bertanya-tanya apakah berhubungan saat hamil boleh dilakukan atau tidak. Nah, jawabannya boleh kok, selama kondisi Bunda dan Si Kecil dalam kandungan sehat. Jadi, Bunda tidak perlu khawatir lagi bila aktivitas ini bisa menyakiti Si Kecil atau menyebabkan keguguran.

Meski begitu, berhubungan intim saat hamil mungkin saja membuat Bunda merasa tidak nyaman. Namun, tenang saja ya, Bun. Bunda bisa mencoba beberapa tips berikut ini agar berhubungan seks saat hamil lebih aman dan nyaman:

1. Melakukan pemanasan atau foreplay lebih lama

Bunda mungkin merasa takut dan tidak nyaman berhubungan saat hamil karena seks terasa menyakitkan akibat vagina kering. Nah, vagina kering selama hamil bisa saja terjadi karena perubahan kadar hormon estrogen.

Untuk mengatasi masalah ini, Bunda perlu memberi tahu pasangan dan memintanya melakukan foreplay lebih lama, misalnya berpelukan, berciuman, atau memijat agar vaginalebih terlumasi. Bunda juga boleh menggunakan pelumas berbahan dasar air, ya.

2. Menggunakan posisi seks yang nyaman

Selama kehamilan Bunda normal, sebenarnya posisi berhubungan apa saja bebas kok dilakukan. Yang terpenting adalah Bunda merasa nyaman selama melakukannya dan pastikan selalu memberi tahu apa yang Bunda rasakan ke pasangan.

Namun, kalau Bunda dan pasangan masih bingung, posisi seperti woman on top, doggy style, atau berbaring menyamping bisa dilakukan, terutama setelah usia kehamilan 4 bulan. Posisi tersebut tidak akan memberi tekanan berlebih pada perut Bunda selama berhubungan saat hamil.

3. Menggunakan pelindung atau kondom

Bunda juga bisa meminta pasangan untuk menggunakan kondom selama berhubungan saat hamil. Cara ini dilakukan untuk mencegah penularan penyakit, misalnya infeksi menular seksual, yang bisa menyebabkan masalah kesehatan bagi Bunda dan Si Kecil.

Perlu diingat juga ya, Bunda sebaiknya menghindari hubungan intim selama 10 minggu pertama kehamilan dan beberapa minggu terakhir menjelang persalinan. Ini karena senyawa prostaglandin dalam sperma mungkin saja berisiko meningkatkan terjadinya kontraksi.

Selain itu, Bunda dan pasangan juga dianjurkan untuk tidak berhubungan saat hamil bila memiliki beberapa kondisi, seperti:

  • Merasa nyeri berkepanjangan selama berhubungan intim meski sudah menggunakan pelumas
  • Mengalami perdarahan yang belum diketahui penyebabnya
  • Memiliki riwayat kelahiran prematur
  • Mengalami pecah ketuban
  • Menjalani kehamilan ganda atau kembar
  • Mengalami plasenta previa, yaitu kondisi ketika ari-ari bayi menutupi sebagian atau seluruh jalan lahir (mulut rahim)

Oh ya Bun, selama hamil, gairah seks Bunda mungkin akan menjadi naik turun. Bunda bisa saja tidak ingin berhubungan saat hamil, terutama saat memasuki trimester pertama dan trimester ketiga.

Penurunan gairah ini biasanya terjadi karena mual dan muntah (morning sickness) yang dialami saat awal kehamilan, kelelahan, hingga perubahan fisik yang membuat Bunda tidak nyaman. Namun, Bunda tidak perlu khawatir karena kondisi ini sangat normal ya, Bun.

Jika Bunda mengalami hal tersebut, tidak perlu ragu untuk membicarakannya dengan pasangan, ya. Jadi, Bunda dan pasangan bisa sama-sama merasa nyaman saat berhubungan intim dan bisa mencari solusi lainnya.

Selain itu, konsultasikan ke dokter sebelum Bunda dan pasangan memutuskan ingin berhubungan saat hamil. Dokter akan memastikan apakah kehamilan Bunda sehat dan tidak berisiko.

Sumber:

National Health Service UK (2021). Sex in Pregnancy.

Mayo Clinic. Prengancy Week by Week. Sex During Pregnancy: What’s OK, What’s Not.

Chatterjee, C. Health (2023). Is It Safe to Have Sex During Pregnancy?

Shinn, L. Healthline (2018). Will It Hurt the Baby? Plus 9 More Questions About Safe Pregnancy Sex.

Sachdev, P. MedicineNet (2022). 19 Amazing Benefits of Sex During Pregnancy.

Dworkin-McDaniel, N. Parents (2023). 8 Questions About Pregnancy Sex, Answered.

Parents (2023). 5 Reasons You May Experience Painful Sex During Pregnancy.

England, A. Verywell Mind (2023). The Importance of Foreplay in Your Relationship.

Taylor, R.B. WebMD (2023). Sex During and After Pregnancy.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *