7 Vitamin Kalsium untuk Ibu Hamil yang Bagus

vitamin kalsium untuk ibu hamil, diary bunda

Vitamin kalsium untuk ibu hamil bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan kalsium selama kehamilan. Dengan begitu, perkembangan dan pertumbuhan janin bisa lebih optimal. Selain itu, ibu hamil juga bisa terhindar dari penyakit akibat kekurangan kalsium, seperti preeklampsia.

Pada kondisi normal, jumlah kalsium yang dibutuhkan oleh seorang wanita adalah 1.000 mg per hari. Namun, pada saat hamil, jumlah tersebut bertambah karena janin juga membutuhkan kalsium untuk tumbuh kembangnya. Nah, jumlah kalsium yang dibutuhkan wanita saat hamil adalah 1.200 mg.

Untuk memenuhi kebutuhan kalsium setiap harinya, Bunda sebenarnya cukup mengonsumsi makanan bergizi yang kaya akan kalsium, seperti susu, keju, yoghurt, tahu, tempe, dan sayuran hijau. Namun, jika dirasa belum cukup, Bunda bisa mengonsumsi vitamin kalsium untuk menambah asupan kalsium harian.

Apabila kebutuhan kalsium tidak terpenuhi saat hamil, risiko terjadinya komplikasi kehamilan, seperti kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, atau tumbuh kembang bayi lambat, bisa meningkat.

Berbagai Pilihan Vitamin Kalsium untuk Ibu Hamil

Umumnya, vitamin kalsium untuk ibu hamil dijual secara bebas di apotek. Meski begitu, Bunda sebaiknya konsultasikan ke dokter lebih dulu, apakah Bunda dibolehkan untuk mengonsumsi vitamin kalsium. Dokter juga akan memberikan dosis sesuai dengan kondisi Bunda.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi vitamin kalsium untuk ibu hamil:

1. CDR

Apabila Bunda memerlukan vitamin kalsium untuk menambah asupan kalsium selama hamil, CDR bisa menjadi pilihan. Vitamin kalsium untuk ibu hamil ini mengandung kalsium karbonat, vitamin C, vitamin D, dan vitamin B6, yang tidak hanya bisa memenuhi kebutuhan kalsium, tetapi juga bisa mengoptimalkan tumbuh kembang janin.

CDR tersedia dalam varian tablet larut. Jadi, Bunda bisa mengonsumsi vitamin kalsium untuk ibu hamil ini dengan cara melarutkannya dalam air. Dosis umum konsumsi CDR sendiri adalah 1 tablet, 1 kali sehari.

2. Obical

Obical merupakan salah satu vitamin kalsium yang aman digunakan oleh ibu hamil. Soalnya, vitamin kalsium untuk ibu hamil ini mengandung bahan yang aman, yaitu kalsium karbonat, magnesium, fosfor, vitamin D3, dan fruktooligosakarida.

Selain bisa menambah asupan kalsium harian selama hamil, Obical juga bisa menjaga kesehatan tulang sehingga ibu hamil terhindar dari osteoporosis di kemudian hari. Vitamin kalsium untuk ibu hamil ini tersedia dalam varian tablet yang bisa diminum 1 tablet, 1 kali sehari.

3. Osfit

Untuk menambah asupan kalsium harian selama hamil, Bunda juga bisa mengonsumsi Osfit. Soalnya, vitamin kalsium untuk ibu hamil ini mengandung kalsium karbonat dan berbagai vitamin serta mineral lainnya, seperti vitamin D, asam folat, dan zinc.

Karena kandungannya yang beragam, tak heran jika Osfit juga bisa mengoptimalkan tumbuh kembang janin selama di dalam kandungan. Nah, untuk mendapatkan segala macam manfaatnya, Bunda bisa mengonsumsi Osfit 1 tablet, 1 kali sehari.

4. Cal-95

Cal-95 bisa Bunda konsumsi untuk membantu memenuhi asupan kalsium harian. Vitamin kalsium untuk ibu hamil ini mengandung kalsium koral yang dilengkapi dengan ekstrak kacang kedelai, vitamin D, vitamin K, magnesium, dan zinc, yang bisa menjaga kesehatan tulang.

Sebagai vitamin kalsium untuk ibu hamil, Cal-95 bisa Bunda konsumsi 1–3 kaplet per hari. Namun, Bunda perlu berkonsultasi dulu ke dokter ya untuk memastikan dosis yang sesuai dengan kondisi Bunda.

5. Nature’s Health Nano Calcium

Berbeda dengan yang lain, Nature’s Health Nano Calcium menggunakan teknologi nano yang bisa menyerap kalsium dengan lebih cepat. Vitamin untuk ibu hamil ini juga tersedia dalam bentuk tablet lunak, sehingga proses penyerapannya bisa lebih cepat.

Selain mengandung kalsium yang diserap dengan teknologi nano, Nature’s Health Nano Calcium juga mengandung vitamin lain, yaitu vitamin D3. Untuk mengonsumsinya, Bunda bisa minum obat ini sebanyak 1 tabet lunak, 1 kali sehari.

6. Wellness Cal-Mag-Zinc

Selain bisa menambah asupan kalsium harian, Wellness Cal-Mag-Zinc juga bisa mengoptimalkan tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Soalnya, selain mengandung kalsium, vitamin kalsium untuk ibu hamil ini juga mengandung vitamin D dan boron yang bisa mempercepat penyerapan kalsium.

Untuk mengonsumsinya, Bunda bisa mengikuti dosis umum penggunaan obat ini, yaitu 1 tablet, 1 kali sehari.

7. Blackmores Pregnancy & Breast Feeding Gold

Blackmores Pregnancy & Breast Feeding Gold merupakan salah satu vitamin kalsium untuk ibu hamil yang bisa Bunda konsumsi. Meski kandungan utamanya bukanlah kalsium, Blackmores Pregnancy & Breast Feeding Gold mengandung kalsium yang cukup tinggi sehingga bisa menjadi tambahan asupan kalsium harian.

Selain kalsium, Blackmores Pregnancy & Breast Feeding Gold juga mengandung asam folat, minyak ikan, dan berbagai jenis vitamin.

Dengan kandungannya tersebut, vitamin kalsium untuk ibu hamil bisa sangat bermanfaat bagi janin, misalnya untuk pertumbuhan tulang. Apabila ingin mengonsumsinya, Bunda boleh minum sebanyak 2 kapsul setiap hari.

Beberapa produk vitamin kalsium untuk ibu hamil di atas memang bisa menambah asupan kalsium harian. Namun, Bunda perlu ingat bahwa asupan kalsium utamanya didapat dari makanan bergizi. Jadi, utamakan untuk mengonsumsi makanan bergizi, ya.

Selain itu, apabila Bunda ingin minum vitamin kalsium, sebaiknya konsultasikan dahulu ke dokter ya, Bun. Dokter akan menyarankan seberapa banyak Bunda boleh mengonsumsi vitamin kalsium.

Sumber:

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (2019). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan untuk Masyarakat Indonesia.

National Health Services UK (2023). Pregnancy. Vitamins, Supplements and Nutrition in Pregnancy.

Baby Center (2021). Calcium During Pregnancy.

Verywell Family (2021). Calcium Needs During Pregnancy.

WebMD (2023). Get the Calcium You Need During Pregnancy.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *